Cara Mengatur Browser Default Di Windows 10

Ingin tahu bagaimana cara mengatur browser default di Windows 10? Sebenarnya tidak masalah jika Microsoft ingin mengatur Microsoft Edge sebagai browser default pada Windows 10, toh itu produk mereka juga. Namun banyak di antara pengguna belum terlalu akrab dengan browser tersebut. Lalu, bisakah browser bawaan tersebut disetel ulang ke browser favorit anda? Jawabannya bisa.

Cara Mengatur Browser Default Di Windows 10

Misalnya anda sangat menyukai Mozilla Firefox karena punya banyak fitur, anda bisa menjadikannya sebagai browser utama pada perangkat PC yang menjalankan Windows 10. Cara termudah untuk mengatur browser default di Windows 10 sebenarnya adalah saat pertama kali instalasi. Akan ada opsi bagi anda untuk menentukan browser mana yang akan diutamakan. Namun jika sudah terlewatkan, anda bisa mencoba opsi berikutnya, yakni melakukan pengaturan pada browser yang ingin ditetapkan sebagai browser utama. Anda bisa menuju pengaturan aplikasi dari Action Center.

Pertama, anda harus menuju Settings App. Disini ada beberapa opsi tersedia. Cara termudah untuk mengakses Action Center adalah dengan memilih menu All Settings. Jika misalnya laptop anda punya fitur layar sentuh, maka sapu layar dari kanan untuk membuka pengaturan ini. Sementara jika tidak ada fitur tersebut, anda bisa melakukannya dengan mouse dan keyboard. Silakan klik menu Action Center di bagian pojok kanan bawah halaman, atau silakan pakai shortcut dengan menekan Windows Key + A.

Berikutnya, silakan menuju ke Systems > Default Apps. Tulisan System bisa anda lihat di pojok kiri atas. Pada laman berikutnya, anda akan mendapati lebih banyak pengaturan. Untuk sampai ke pilihan aplikasi default, silakan arahkan kursor anda ke kiri bawah.

Cari pilihan web browser, lalu tentukan browser mana yang anda inginkan sebagai browser utama. Semua browser yang terpasang pada perangkat PC anda seharusnya terlihat disini. Itu saja, berarti anda sudah memilih browser utama untuk perangkat Windows 10 anda. Sebenarnya masih ada banyak pengaturan default yang bisa dilakukan pada laman tersebut. Jika anda ingin menentukan aplikasi default dan yang lainnya, silakan anda tentukan juga disana. Sekian informasi tentang cara mengatur browser default di Windows 10.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+