Cara Mengekspor File PDF Dengan 3D Touch

Apple sebenarnya sudah menyediakan cara untuk mencetak laman website atau dokumen langsung dari iPhone atau perangkat iOS lainnya. Dokumen tersebut bisa dicetak menggunakan printer dengan AirPrint. Hanya saja masalahnya disini adalah menyimpan laman tersebut tidak semudah mencetaknya menggunakan printer. Ada beberapa tahap yang harus dilewati. Salah satu cara yang bisa anda coba adalah memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk terlebih dahulu mengubah laman website menjadi file PDF.

Cara Mengekspor File PDF Dengan 3D Touch

Selain opsi aplikasi pihak ketiga, ternyata sekarang sudah ada fitur dari Apple sendiri yang memungkinkan pengguna untuk mengkonversi laman website ke PDF. Jadi jika anda tidak berniat untuk mencetaknya, melainkan menyimpan dalam bentuk data digital, maka anda bisa memanfaatkan fitur tersebut. Namun begitu, ada sedikit ganjalan karena fitur ini untuk sementara hanya bisa ditemukan pada iPhone 6S dan 6S Plus. Jika perangkat anda adalah salah satu dari yang disebutkan tadi, maka anda beruntung karena bisa mencoba fitur ini. Kedua Smartphone sudah dibekali dengan 3D Touch. Berikut ini adalah cara mengekspor file PDF dengan 3D Touch dalam beberapa langkah mudah.

  1. Pertama, buka dulu dokumen yang ingin disimpan, lalu sentuh opsi Share dan pilih Print. Opsi ini seharusnya bisa ditemukan terlepas apakah ada koneksi Wi-Fi atau printer di sekitar anda.
  2. Preview dari dokumen tersebut akan tampil tepatnya di bawah opsi Print. Nah, sekarang anda harus menggulir laman dari ke kiri atau ke kanan untuk melihat semua laman sebelum anda memutuskan untuk menyimpannya.
  3. Tahap selanjutnya adalah skip proses print, namun silakan sentuh pada dokumen preview. Dokumen tersebut akan terbuka dalam layar penuh. Dan disana anda akan menemukan tombol share lain. Silakan sentuh opsi share tersebut, lalu pilih diantara Save the Document to Dropbox, iCloud or Send as an Email Attachment.
  4. Sampai disini, anda seharusnya bisa menyimpan file PDF tersebut.

Sekian informasi tentang cara mengekspor file PDF dengan 3D Touch. Semoga ke depannya akan ada lebih banyak seri iPhone yang meng-cover fitur ini sehingga kita tidak perlu lagi memakai aplikasi pihak ketiga. Namun jika anda belum bisa memakainya, silakan manfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik