Cara Mengelola Google Location History Pada Android

Jika anda sedang mencari cara mengelola Google Location History pada Android, maka berikut ini kami sampaikan informasinya kepada anda. Perangkat Android yang anda pergunakan akan secara berkala mengirimkan laporan ke akun Google anda dengan bantuan GPS. Jika misalnya anda sering memakai Google Maps dan ternyata Settings lokasinya adalah full, maka transmisi data bisa lebih sering.

Cara Mengelola Google Location History Pada Android

Sebenarnya fitur penyimpanan lokasi sangat berguna, sebab anda bisa memantau arah perjalanan secara lebih jelas. Jika Smartphone tidak terlalu sering dipergunakan, maka pengumpulan informasi untuk lokasi juga menjadi berkurang frekuensinya. Jika anda ingin mengelola informasi tersebut, sebenarnya mudah saja. Silakan menuju menu History pada akun Google anda. Silakan ikuti saja link tersebut, nanti anda akan sampai pada menu Location History.

Selanjutnya anda akan menemukan dua pilihan lagi, Delete History From This Day dan Delete All History. Nah, opsi manapun dari keduanya bisa dipilih. Tentu saja anda harus lebih berhati-hati sebelum menentukan salah satu pilihan. Anda juga perlu tahu bahwa ada tool ekspor tersedia disana. Anda bisa mengamankan data terlebih dahulu dengan format KML. Info lokasi merupakan salah satu data penting yang tersimpan di dalam Smartphone, jadi mungkin anda tidak ingin begitu saja menghapus semua data yang telah dikumpulkan selama ini.

Jika anda aktif memakai Google Now, maka data yang tersimpan tersebut akan lebih mudah memberikan petunjuk tentang waktu perjalanan dan lokasi. Jika opsi menghapus history untuk 1 hari saja masih belum cukup, anda bisa mencoba opsi berikutnya, yakni menghapus semua history. Namun sudah yakinkah anda untuk melakukan itu? Prosesnya memang mudah, anda hanya perlu menyentuh opsi tersebut dan semua data tersimpan akan dibersihkan.

Kedua opsi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jik anda tidak ingin kehilangan data, opsi membersihkan semua history mungkin adalah jalan terakhir. Fitur GPS adalah salah satu yang paling penting dari Smartphone, jadi anda tidak bisa begitu saja menghapus semua data tersimpan terlebih jika anda sangat membutuhkan fitur tersebut. Sekian informasi tentang cara mengelola Google Location history pada Android.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+