Cara Mengelola Notifikasi di Windows 10

Jika anda ingin lebih nyaman mengoperasikan Windows 10 tanpa notifikasi yang mengganggu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Semuanya bisa dilakukan langsung di Action Centre. Beberapa program seperti Windows Store dan Office 2016 telah menerapkan sistem notifikasi terbaru. Notifikasi tersebut dikelompokkan secara khusus menurut aplikasi. Aplikasi yang paling sering menerima pemberitahuan akan berada di deretan paling puncak.

Cara Mengelola Notifikasi di Windows 10

Anda juga bisa mengecilkan banyak notifikasi sekaligus atau benar-benar mengabaikannya sama sekali. Caranya sangat mudah, yaitu tarik saja ke bagian samping layar. Atau anda juga bisa mengklik di bagian sisi notifikasi dimana icon Delete muncul. Jika yang anda lakukan adalah mengklik notifikasi, ini justru akan membuat aplikasi bersangkutan terbuka. Berikut ini adalah cara mengelola notifikasi di Windows 10.

Jika anda tidak ingin menerima lagi notifikasi dari sebuah aplikasi, maka silakan cari menu Action Centre kemudian klik kanan pada kumpulan notifikasi dari aplikasi bersangkutan disana. Yang selanjutnya harus dilakukan adalah memilih menu yang bertuliskan ‘Turn Off Notifications For This App’. Namun perlu diketahui bahwa melakukan pengaturan ini tidak begitu saja menghentikan semua Pop-Up Alert. Jika anda ingin melakukan ini juga, maka anda bisa ke menu Settings dan pilih menu dengan tulisan Notifications & Actions.

Menu ini bisa ditemukan tepat di bawah System Settings. Nah, anda bisa mengelola notifikasi dari sini sebab biasanya kita tidak bisa melakukan hal tersebut langsung dari aplikasi. Coba perhatikan lagi menu yang muncul pada bagian tersebut. Ada bagian yang berisi tentang pengaturan umum. Silakan scroll ke bagian bawah halaman untuk mengetahui aplikasi terinstal mana saja yang mengaktifkan fitur Windows Notification System.

Klik toggle dari sebuah aplikasi untuk benar-benar mematikan fitur notifikasinya. Anda juga bisa menghidupkan bagian tertentu dari notifikasi tersebut. Misalnya anda ingin tetap menerima notifikasi suara atau banner. Apakah anda tidak melihat aplikasi yang ingin diatur fitur notifikasinya disana? Ini bisa terjadi karena aplikasi tersebut belum pernah menerima notifikasi. Aplikasi baru akan muncul disana jika sudah mendapatkan notifikasi untuk pertama kalinya. Silakan pelajari kembali menu-menu yang muncul di Action Centre karena anda bisa melakukan semuanya dari sana. Sekian cara mengelola notifikasi di Windows 10.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik