Cara Mengelola Privasi Akun Facebook Agar Lebih Aman

Facebook adalah situs jejaring sosial yang memungkinkan kita  berkenalan dengan banyak orang, namun tidak semuanya merasa nyaman berbagi informasi kepada khalayak ramai. Seperti diketahui, apapun yang kita posting pada akun Facebook, seketika itu juga informasi tersebut ter-broadcast ke semua teman. Semua teman bisa melihatnya, bahkan orang-orang yang belum kita tambahkan pun bisa melihatnya.

Cara Mengelola Privasi Akun Facebook Agar Lebih Aman

Jika anda membutuhkan privasi tambahan saat memakai Facebook, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Cara mengelola privasi akun Facebook yang pertama, buat daftar teman. Caranya, silakan masuk ke menu daftar teman, kemudian tekan tombol “Friends” di samping setiap nama yang terlihat. Akan ada menu yang muncul, lalu anda bisa menandai mereka sebagai kenalan dengan memasukkan mereka ke dalam list yang baru.

Seperti yang kita tahu, Facebook mengijinkan kita untuk menambah teman sangat banyak. Kemudian jika ada yang meng-invite, kita juga bisa menerimanya padahal belum tentu orang tersebut benar-benar kita kenal di dunia nyata. Menyortir teman di dunia nyata dari dafter teman di Facebook membutuhkan waktu cukup lama terutama jika teman Facebook anda sudah terlalu banyak. Kemudian, anda juga bisa mengontrol hak akses. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Masuk ke menu Pengaturan Privasi, kemudian cari bagian “Who Can See My Stuff”. Dari sana silakan lakukan edit untuk menentukan siapa saja teman Facebook yang bisa memantau aktivitas anda. Berikutnya, anda perlu menghapus daftar aktivitas. Ini penting jika anda banyak melakukan aktivitas yang bersifat negatif. Itu bisa saja berpengaruh terhadap reputasi anda di dunia nyata. Saran kami hapusla daftar aktivitas secara berkala, sehingga orang-orang tidak bisa sembarangan memata-matai anda.

Di laman Pengaturan Privasi juga masih banyak opsi lain yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan, seperti misalnya membatasi orang-orang yang ingin menambahkan anda sebagai teman,  kemudian membatasi pesan yang masuk dari pengguna Facebook lainnya. Anda juga bisa membatasi hak akses untuk email yang anda sinkronisasikan dengan akun Facebook. Silakan setting saja semuanya dari menu Pengaturan Privasi. Kemudian ada juga pilihan untuk mengatur apakah timeline anda perlu diindeks oleh Search Engine atau tidak, pilih saja Tidak terutama jika anda memang sangat menjaga privasi.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Tips dan Trik