Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Smartphone Android

Menghapus foto penting tanpa sengaja biasanya membuat kita gelisah, apalagi foto tersebut sangat penting. Ini bisa saja terjadi saat anda bermain dengan Smartphone Android anda. Namun ada cara mengembalikan foto yang terhapus di Smartphone Android.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Smartphone Android

  1. Pertama matikan koneksi internet dan wifi dalam perangkat anda sebab jika ada data yang terhapus, biasanya data tersebut belum sepenuhnya hilang hingga ada data yang menggantikannya di dalam memori.
  2. Anda perlu mengunduh aplikasi gratis bernama Dr.Fone for Android dari Wondershare. Aplikasi ini bisa dijalankan pada komputer PC dan Mac. Program lain sebenarnya ada, tapi anda bisa mencoba ini dulu.
  3. Setelah terunduh, install dan jalankan di dalam komputer.
  4. Berikutnya hubungkan perangkat komputer dan Smartphone dengan kabel USB. Biasanya kabel USB dijadikan satu dengan charger, jadi anda tidak harus membelinya lagi.
  5. USB debugging harus aktif di dalam Smartphone agar proses bisa terjadi. Jika belum, anda bisa masuk ke menu Settings > About Phone, lalu sentuh pada pilihan Build Number beberapa kali hingga notifikasi bahwa Developer Options sudah aktif muncul. Di halaman awal dari menu Settings, anda seharusnya bisa menemukan Developer Options. Nah, silakan cari menu yang tulisan USB debugging, lalu beri tanda cek pada kota di sampingnya. Akan ada notifikasi bahwa USB Debugging sedang berjalan dari program. Dr.Fone.
  6. Nah, jika kedua perangkat telah terhubung dan kompatibel, anda akan bisa memilih kembali foto-foto yang tidak sengaja anda hapus barusan. Anda bisa melakukannya lewat program Dr.Fone di komputer. Bukan hanya foto saja, tapi ada beberapa pilihan file lain disana. Silakan anda pilih yang mana saja anda mau.
  7. Tahap berikutnya adalah proses scanning untuk mengembalikan data yang hilang. Anda bisa melakukan proses recovery secara instan dengan menghubungkan kedua perangkat. Untuk melakukan ini, anda akan menerima kode RSA pada Smartphone. Silakan masukkan dan pilih opsi Always Accept. Dengan begini, kedua perangkat sudah kompatibel dan bisa melakukan koneksi kapan saja.
  8. Jika sudah, program adalah melakukan scanning dan merestart Smartphone anda. Jika anda melihat pemberitahuan di layar komputer bahwa Smartphone sudah terkoneksi kembali, abaikan saja. Biarkan program tersebut melanjutkan tugasnya. Kemudian jika program meminta izin khusus selama proses ini, berikan saja.
  9. Setelah proses scanning selesai, akan muncul data yang berhasil dikembalikan sesuai dengan pilihan sebelumnya. Jika anda memilih foto, maka yang akan muncul adalah file foto. Silakan tekan tombol recover dan dapatkan foto-foto tersebut kembali.

Sekian info tentang cara mengembalikan foto yang terhapus di Smartphone Android.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, Tips dan Trik