Cara Mengenkripsi Perangkat Android dan iOS

Mengapa enkripsi pada Smartphone itu penting? Perlu diketahui, Smartphone bagi pemiliknya sudah seperti diary pribadi. Biasanya disana tersimpan berbagai informasi penting, mulai dari pesan, foto, email, informasi pembayaran, dan masih banyak yang lainnya. Anda tentu tidak ingin semua data penting tersebut jatuh ke tangan yang salah. Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi, anda bisa memanfaatkan fitur enkripsi. Kami akan berbagi informasi tentang cara mengenkripsi perangkat Android dan iOS.

Cara Mengenkripsi Perangkat Android dan IOS

iOS

Fitur ini sudah tersedia pada perangkat iOS sejak 2014. Yang dibutuhkan untuk ekripsi hanya security code atau sidik jari saja. Anda bisa memakai kode 4 digit untuk mengaktifkan fitur enkripsi, tapi alangkah baiknya jika anda memilih kode yang lebih rumit supaya tidak mudah ditebak. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama anda harus menuju Settings.
  2. Pilih Touch ID & Passcode. Untuk perangkat yang lebih lawas tanpa sensor sidik jari, anda bisa memilih opsi Passcode.
  3. Berikutnya pilih opsi “Turn Passcode On”.
  4. Masukkan security code disana sesuai dengan keinginan anda.

Android

Anda juga bisa mengaktifkan fitur enkripsi pada perangkat Android, meskipun relatif lebih rumit dibandingkan dengan perangkat iOS. Ada beberapa perangkat yang sudah mengaktifkan fitur enkripsi secara default, misalnya saja Google Nexus, baik Smartphone maupun tabletnya. Perangkat terbaru yang sudah menjalankan Android 6.0 Marshmallow juga sudah terenkripsi. Sebenarnya mekanisme enkripsi pada Android sama saja, yaitu memanfaatkan sidik jari atau passcode. Yang membedakan adalah tahapannya. Berikut apa yang harus anda lakukan:

  1. Silakan menuju Settings.
  2. Pilih Security.
  3. Pilih Screen Lock.
  4. Buat kode yang anda inginkan.

Yang membutuhkan usaha ekstra adalah perangkat Android yang lebih dulu keluar, misalnya saja Galaxy S6 dan Moto X Pure. Anda harus mengekripsi Smartphone secara manual. Sebaiknya Smartphone sudah tercolok ke charger karena prosesnya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Kalau sudah, buat passcode dengan mengikut tahap-tahap diatas, baru dilanjutkan dengan tahap berikut ini:

  1. Masuk ke Settings.
  2. Pilih Security.
  3. Pilih Encrypt Phone.

Prosesnya agak sedikit berbeda antar tiap perangkat karena rata-rata Smartphone Android memiliki antarmuka serupa tapi tak sama. Tapi biasanya menu enkripsi terdapat di bagian Settings. Itu tadi cara mengenkripsi perangkat Android dan iOS. Itu tadi cara mengenkripsi perangkat Android dan iOS.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



Tips dan Trik