Cara Menghapus Informasi Detil Foto Pada Windows 10

Anda bisa mengambil foto dengan perangkat apa saja, baik Smartphone maupun kamera. Bagi siapapun yang suka mengambil foto dengan kamera, anda tentu sudah familiar dengan informasi metadata yang tertempel pada setiap foto yang diambil. Informasi tersebut biasanya berkaitan dengan model, resolusi, dan hal lain yang berhubungan dengan kamera yang dipakai. Bahkan terkadang disana juga tercantum informasi koordinat GPS jika perangkat yang dipakai ternyata punya fitur geotagging.

Cara Menghapus Informasi Detil Foto Pada Windows 10

Pernahkah karena suatu hal anda ingin menghapus informasi tersebut? Nah, jika anda merupakan pengguna Microsoft Windows 10, ternyata ada cara untuk melakukan itu dengan mudah. Namun sebelumnya, jika anda tidak ingin foto berisi informasi terlalu detil seperti koordinat GPS, matikan saja fitur tersebut pada perangkat. Berikut ini adalah cara menghapus informasi detil foto pada Windows 10:

  1. Pertama, buka salah satu folder yang di dalamnya terdapat foto yang ingin anda hapus metadata-nya. Setelah itu klik kanan pada salah satu foto, klik Properties. Untuk melakukannya secara massal, anda juga bisa memblok beberapa gambar sekaligus, lalu klik kanan, dilanjutkan dengan memilih Properties.
  2. Pada jendela Properties, silakan anda klik tab Details karena disanalah tersimpan rincian dari foto tersebut. Silakan perhatikan bagian bawah jendela tersebut. Anda akan menemukan opsi Remove Properties and Personal Information. Silakan diklik opsi tersebut.
  3. Jika anda lebih memilih untuk menghilangkan metadata langsung dari file, silakan pilih Remove the Following Properties from This File. Setelah itu, pilih semua bagian properties yang ingin anda hilangkan. Setelah selesai, klik OK untuk memproses.
  4. Apakah anda ingin mempertahankan salinan file yang masih punya metadata? Anda juga bisa melakukan itu. Ada bagian yang bertuliskan Create a Copy with All Possible Properties Removed. Silakan pilih opsi tersebut. Dengan memilihnya, anda akan dibuatkan salinan file yang sama namun di dalamnya tidak terdapat informasi metadata. Versi aslinya masih bisa disimpan untuk nanti kalau-kalau anda membutuhkannya.

Cara menghapus informasi detil foto pada Windows 10 sebenarnya tidak sulit, namun fitur ini tidak sempurna. Anda mungkin masih mendapati ada bagian informasi yang tidak bisa dihapus begitu saja. Jika ingin lebih sempurna lagi dalam membersihkan metadata yang tersimpan di dalam foto, silakan pakai aplikasi pihak ketiga seperti Batchpurifier Lite.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



Tips dan Trik