Cara Menghapus Knox Dari Perangkat Galaxy

Bagi anda yang merupakan pengguna dari perangkat Samsung Galaxy, anda mungkin sudah familiar dengan istilah samsung Knox. Ini merupakan sistem keamanan yang dibuat oleh perusahaan untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna. Pada seri terbaru, fitur ini tidak menjadi pilihan default. Namun pada seri yang lebih lama, biasanya aplikasi ini masih terinstal. Kami akan menginformasikan kepada anda cara menghapus Knox dari perangkat Galaxy anda.

Cara Menghapus Knox Dari Perangkat Galaxy

Fungsi dari Knox sebenarnya adalah untuk meningkatkan sistem keamanan serta mempermudah proses bermain dan bekerja dalam lingkungan BYOD. Lalu, mengapa sistem ini menjadi masalah? Ada aplikasi-aplikasi yang berjalan di luar ruang lingkup Knox menjadi dibatasi soal menyimpan data. Knox diketahui menyebabkan terbatasnya akses pada banyak aplikasi dan bisa menimbulkan masalah pada garansi terutama berkaitan dengan modifikasi pada Smartphone.

Sebenarnya, garansi tidak begitu saja hilang jika seseorang melakukan modifikasi pada Android sebab sistem operasi ini sendiri bersifat Open Source. Hanya saja jika ini dilakukan pada perangkat Samsung anda, kemungkinan mereka tidak bersedia untuk memperbaiki jika perangkat tersebut rusak ada kaitannya dengan modifikasi yang dilakukan. Namun sekarang sistem ini tidak lagi menjadi sebuah keharusan. Pada seri-seri terbaru, Knox adalah dalam kondisi OFF. Namun anda bisa sewaktu-waktu mengaktifkannya jika mau.

Ada beberapa alternatif untuk menonaktifkan Knox. Hayna saja pengguna tidak bisa serta merta mengembalikan flash counter ke angka nol sebab sudah ada ketentuan yang menyatakan bahwa pengguna tidak bisa melakukan downgrade bootloader.

  1. Pertama-tama, anda harus mencari aplikasi knox lewat menu Settings.
  2. Silakan tekan aplikasi tersebut, lalu Uninstall.
  3. Saat proses sedang berlangsung, akan ada pilihan untuk mem-backup data. Dengan menekan Yes, data tersebut akan disimpan ke dalam perangkat. Silakan tekan Backup Now, lalu OK untuk melakukannya.
  4. Tekan password Knox, lalu Continue.
  5. Pilih Next. Data anda akan disimpan terlebih dahulu sebelum proses penghapusan aplikasi selesai dilakukan.
  6. Lalu tekan OK.
  7. Berikutnya anda perlu menu menu berikut ini Menu > My Files > All > Knox. Disana akan anda temukan file dengan ekstensi zip dengan semua data Knox yang tersimpan. Jika ada SD Card di dalam perangkat, anda bisa menuju menu All > Storage Device > Knox.

Sekian informasi tentang cara menghapus Knox dari perangkat Galaxy anda.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik