Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Salah satu virus yang sering menyerang flashdrive adalah virus shortcut flasdisk yang sangat menganggu pengguna perangkat penyimpanan elektronik ini.Media penyimpanan elektronik ini dapat berubah menjadi bencana ketika virus ini menyerang.

Ketika virus ini menyerang flashdrive atau flashdisk anda, tidak jarang semua dokumen atau data yang anda isikan dalam tempat flashdisk ini, tiba-tiba hilang dan berganti menjadi shortcut-shortcut yang menganggu.Ini adalah virus yang sangat menyebalkan tapi dengan mudah dapat anda atasi.

Untuk itu, ketahui bagaimana caramenghilangkan virus-virus yang berbentuk shortcut ini. Agar ketika anda mengalami situasi dimana flashdisk yang biasa digunakan tiba-tiba muncul shortcut-shortcut yang tidak jelas, anda bisa langsung mengatasinya tanpa bingung harus meminta tolong pada siapa.

Tips Menggunakan Antivirus Secara Efektif

Langkah-langkah Menghilangkan Virus Shortcut Flashdisk

Pertama-tama, masukkan flashdisk anda yang telah terkontaminasi virus shortcut flashdisk ini ke komputer atau laptop. Setelah perangkat komputer mendeteksi keberadaan flashdisk ini, klik menu ‘organize’ pada bar komputer anda.Lalu, buka ‘folder and search options’ pada pilihan dari ‘organize’ tadi.

Lalu, hilangkah centang di bagian ‘show hidden files, folders, and drives’ dan ‘hide protected operating system files (Recommended)’. Dalam kondisi ini, semua file pada flasdisk anda akan terlihat, namun dalam keadaan semi-hidden semua. Jadi anda harus melakukan tahap selanjutnya.

Buka perintah ‘CMD/ Command Prompt’ pada komputer anda, kemudian ketikkan nama flashdisk anda sekarang, misalnya ‘H’, anda harus mengetikkan H: pada ‘CMD’. Lalu, masukkan huruf berikut, ‘attrib –s –r h /s /d’ dan pastikan semua ejaan benar. Kemudian tekan enter pada keyboard komputer anda.

Pengecekan Virus Shortcut Flashdisk

Dari langkah-langkah di atas, proses penyembuhan anda dari kontaminasi virus shortcut yang menyerang flashdisk anda sudah teratasi.Langkah terakhir yang harus anda tempuh adalah pengecekan pada tempat penyimpanan ini.

Caranya dengan membuka flashdisk anda dengan biasa.Lalu lihat, apakah keadaan data atau dokumen yang anda simpan pada flashdisk anda telah kembali atau belum.Jika sudah kembali normal, pastikan tidak ada folder atau dokumen aneh yang tidak jelas, karena bisa saja hal tersebut memacu virus lain.

Dengan langkah ini, anda dapat menghilangka virus shortcut pada flashdisk dengan baik. Tapi, apabila anda mencolokkan flahdisk anda ke perangkat yang terinfeksi virus shortcut flasihdisk, bukan tidak mungkin jika flashdisk anda akan kembali terinfeksi virus ini.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Software, Tutorial