Cara Menghubungkan Monitor ke Laptop dengan Benar

Penggunaan nirkabel pada laptop memang akan sangat menguntungkan para pengguna karena akan lancar saat browsing namun supaya ada kenyamanan anda juga harus membatasi ruang kerja, apalagi untuk monitor pada laptop tersebut. Ketika sedang di rumah anda harus mempunyai beberapa pilihan yang akan membuat pekerjaan anda tetap mudah sama seperti ketika anda bekerja diluar rumah. Anda bisa menggunakan monitor untuk laptop anda agar masalah ini bisa teratasi.

Anda bisa memenuhi layar dengan membuka banyak jendela, aplikasi dan browser tab. Dengan adanya dua monitor yang saling berhubungan akan membuat layar semakin luas dan pekerjaan akan semakin optimal. Hal ini berlaku pada semua sistem operasi yang anda gunakan, Vista, Windows XP ataupun Windows 7. Tampilan layar ganda anda akan sangat mudah diatur pada laptop anda.

Berikut ini kami akan mengulas tentang cara menghubungkan monitor ke laptop dengan benar agar proses pekerjaan anda dapat lebih cepat dan memuaskan.

Cara Menghubungkan Monitor ke Laptop dengan Benar

Keuntungan Monitor Kedua

Pada sebuah perangkat digital anda bisa menonton film, mendengarkan musik dan bermain game dengan proses yang benar-benar instan. Terkadang ketika anda sedang mengetik pada microsoft word di depan layar televisi pasti anda akan sedikit-sedikit mengabaikan pekerjaan dan menonton tv. Namun dengan cara ini anda bisa mengetik disatu monitor dan melalukan streaming tv dimonitor yang berada disampingnya. Pasti akan sangat menyenangkan.

Dan untuk yang sudah profesional dua monitor digunakan untuk beberapa proyek yang sedang dikerjakan seperti membuat sebuah animasi, video editing, dan juga desain grafis. Dengan adanya layar yang berukuran lebih besar pastinya akan membuat pekerjaan termudahkan karena mouse bisa bergerak dengan cepat dari satu layar ke layar lainnya. Waah sepertinya menyenangkan sekali, pasti bekerja juga lebih menyenangkan karena bisa dalam satu waktu mengerjakan beberapa pekerjaan.

Pada monitor kedua memiliki resolusi yang cukup baik dengan adanya layar dengan fitur LCD refresh rate akan lebih cepat dan bisa menyesuaikan pada kontras dan kecerahan supaya bisa sama dengan kebutuhannya. Dengan menggunakan satu monitor lagi anda bisa lebih menghemat layar monitor anda apalagi jika untuk anda yang memiliki pekerjaan dirumah dengan sebuah laptop, monitor ini sangat membantu sekali.

Kabel Koneksi Laptop

Ketika anda akan menghubungkan monitor ini pada laptop anda harus memilih kabel yang tepat agar monitor ini bisa terpasang pada laptop dengan benar. Untuk port koneksi coba lihat pada bagian belakang laptop dan setiap sisinya. Port yang paling banyak digunakan adalah VGA port dan juga DVI port. Pada VGA port bisa memiliki 15 lubang pin dan untuk DVI port mempunyai 29 lubang pin. Pada LCD monitor baru menggunakan input dengan VGA ataupun DVI dengan monitor yang berpenampilan seperti kotak CRT namun kebanyakan dan yang paling umum menggunakan port VGA.

Untuk laptop yang tidak memiliki port, bisa menggunakan koneksi monitor melalui USB input dengan menggunakan kabel konversi VGA ke USB. Pada kebanyakan layar HD LCD sudah mempunyai kabel ekspor HDMI yang digunakan untuk kabel konektor HDMI ke DVI akan bisa tersambung ke laptop dengan benar. Kabel-kabel ini biasa dijual di toko komputer lokal atau bisa didapat melalui toko online.

Set-Up Monitor

Khusus untuk pengguna Vista dan windows XP harus menurunkan daya laptop hingga mati. Dan untuk pengguna windows 7 bisa tetap menjalankan laptop atau menurunkan daya juga bisa.

Gunakan kabel koneksi yang benar untuk melakukan plug monitor ke laptop. Anda bisa mencocokkan warna kabel koneksi sesuai warna ikon input. Anda juga harus memastikan bahwa koneksinya sudah sejajar karena jika tidak sejajar pin akan pecah ataupun bengkok.

Kencangkan koneksi mengarah ke laptop kemudian plug in daya ke monitor. Tunggu sampai monitor menyala. Untuk pengguna windows 7 akan melihat perluasaan desktop yang terjadi pada layar. Dan setelah itu kemudian berlanjut ke “Costomize Your Settings”.

Setelah itu nyalakan kembali laptop dan tunggu sampai memulai. Laptop akan secara otomatis mendeteksi monitor dan langsung menyesuaikan ke layar namun jika monitor masih hitam anda klik tombol “Display Function” di laptop anda. ikonnya berupa segi empat yang memiliki dua garis vertikal di sekelilingnya. Tekan sekali saja untuk aktivasi monitor.

Selanjutnya atur settingan Anda

Pada Windows 7:

  1. Klik “Start,” akses “Control Panel” lalu pilih “Appearance and Personalization.” Cari opsi yang menyebutkan “Adjust Screen Resolution” dan klik sekali. Sebuah window kecil muncul dengan dua monitor berlabel “1″ dan “2.”
  2. Klik ikon “Identify” dan “1″ besar muncul di satu monitor sementara “2″ besar muncul di monitor yang lain.
  3. Pilih drop-down menu di samping “Multiple Displays.” Pilih “Extend these displays” dan klik terapkan. Desktop kini diperluas. Sesuaikan “Resolution” dan “Orientation” untuk menyelesaikan pengaturan khusus.

Di Windows Vista:

  1. Klik ikon “Start”, pergi ke “Control Panel” dan pilih “Personalize”. Pilih “Display Settings”.
  2. Klik ikon “Identify” dan “1″ besar muncul di satu monitor sementara “2″ besar muncul di monitor yang lain.
  3. Klik pada kota centang berlabel “Extend My Desktop to This Display” lalu klik “Apply”.

Pada Windows XP:

  1. Klik kanan pada Desktop dan pilih “Properties”. Klik tab “Settings”.
  2. Pilih ikon “Identify” di bagian bawah window. Ingat angka yang berkedip pada monitor yang terpasang. Klik sekali untuk menyorotnya. Klik pada kotak centang berlabel “Extend my Windows desktop onto this monitor”.
  3. Klik pada “Apply” lalu “OK” untuk keluar dari setting.

Untuk Semua Versi

Ketika anda sudah melakukan set up pada bagian kanan laptop anda hanya perlu membuat sebuah penyesuaian yang tidak begitu besar karena dari segi default ekstensi akan mengarah ke kiri. Pada windows “Display Settings” atau Adjust Screen Resolution”. Lakukan drag pada ikon monitor yang mengarah ke sisi kanan laptop monitor anda. Cara ekstensi ini layar akan berada di sisi kanan bukan kiri lagi. Klik “apply” untuk melakukan penyimpanan setting.

Dalam proses konektivitas sudah terlihat jelas. Pada pengguna windows 7 bisa melakukan ini pada hitungan detik dan untuk penyesuaian hanya akan digunakan ketika diperlukan saja. Anda juga harus mengetahui set up ganda akan digunakan untuk apa lalu menyeting yang akan diperlukan.

Demikian ulasan dari kami tentang cara menghubungkan monitor ke laptop dengan benar, semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda dan terima kasih atas kunjungannya.


Berlangganan Via Email
, Komputer, Tutorial
Admin August 4, 2013 5

4 thoughts on “Cara Menghubungkan Monitor ke Laptop dengan Benar

  1. salam hormat pak.
    Saya mau bertanya.

    Saya punya 1 leptop 2 monitor.
    semua sudah terhubung,saya sudah menggunakan converter hdmi – vga dan vga nya saya sambungkan lgi pake splitter vga – vga.dan semua terhubung.

    leptop dengan monitor 1 bisa di extend dan duplicate dan yang jadi masalah,MONITOR kedua cuma bisa di duplicate,tdk bisa di extend.
    Mohon bantuannya pak,bagaimana supaya smua monitor di extend.
    Trimakasih.

    *note : kirim via email aja ya pak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *