Cara Mengubah Nama Komputer di Windows 10

Ada banyak alasan mengapa orang memilih untuk mengganti nama komputer mereka. Mungkin karena mereka berpikir nama default terlalu umum atau terdiri atas kode-kode yang tidak mudah dibaca. Apapun alasannya, faktanya anda bisa menetapkan nama khusus untuk komputer tersebut. Berikut ini adalah cara mengubah nama komputer di Windows 10.

Cara Mengubah Nama Komputer di Windows 10

Ini akan sangat membantu untuk mendeteksi nama komputer seandainya anda ingin memakai fitur Wi-Fi atau yang lainnya. Nama bertindak sebagai ID supaya kita menjadi lebih mudah mengenali komputer tersebut. Sebelum Windows 10, proses pengubahan nama relatif lebih sulit. Sekarang tidak lagi karena kita bisa mengubah nama tersebut lewat Control Panel. Berikut ini adalah tahap-tahap yang perlu anda lakukan:

  • Pertama, buka Settings lalu silakan menuju System > About.
  • Disana, anda akan melihat nama dari komputer bersebelahan dengan nama PC. Anda juga akan melihat tombol bertulisan Rename PC. Silakan anda klik opsi tersebut.
  • Setelah itu, anda bebas mengetik nama baru. Silakan pakai nama tertentu atau kombinasi dari huruf, angka, dan karakter lainnya. Setelah itu, silakan klik Next.
  • Anda akan melihat jendela popup yang menanyakan apakah anda ingin me-reboot komputer segera untuk melihat perubahan atau tidak. Jika anda ingin segera melihat efek dari perubahan tersebut, silakan tekan restart. Jika anda masih ingin memakai komputer untuk sementara waktu, silakan tekan Restart Later. Yang pasti, anda baru bisa melihat efek dari perubahan tersebut setelah melakukan restart sistem.

Opsi kedua untuk mengubah nama komputer adalah lewat Control Panel. Opsi ini bisa menjadi pilihan jika komputer menjalankan versi terdahulu Windows.

  • Caranya juga mudah. Silakan klik kanan pada tombol Start. Lalu masuk ke menu Control Panel.
  • Masuk ke System. Anda bisa mengklik salah satu dari pilihan berikut: Advanced System Settings atau Change Settings. Ini akan membuat jendela System Properties dari komputer anda.
  • Berikutnya, silakan klik tab Computer Name. Nanti setelahnya, akan ada pernyatan seperti berikut, “To rename this computer, click change.” tekan saja Click Change dan ketikkan nama baru untuk komputer tersebut. Setelahnya, silakan reboot sistem untuk melihat perubahan.

Itu tadi cara mengubah nama komputer di Windows 10.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, Tips dan Trik