Cara Meningkatkan Kualitas Suara Pada Smartphone Android Anda

Bagaimana cara meningkatkan kualitas suara pada Smartphone Android anda? Ada banyak sekali caranya. Tidak semua Smartphone dibekali dengan kualitas audio luar biasa. Beberapa Smartphone terutama yang terjangkau biasanya hanya punya kualitas audio standar. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk setidaknya mengoptimalkan suara yang keluar dari Smartphone tersebut.

Cara Meningkatkan Kualitas Suara Pada Smartphone Android Anda

  1. Tips pertama, perhatikan lokasi speaker. Bahkan untuk Smartphone mahal sekalipun, jika speaker berada di bawah, suaranya bisa tertahan saat Smartphone diletakkan di lantai. Biasanya pabrikan sudah memperhitungkan peletakan speaker grille dengan baik. Jika adanya di bawah, umumnya desain dibuat agak timbul sehingga ada ruang bagi suara untuk keluar. Ada pula beberapa Smartphone yang speakernya berada di samping. Penempatan ini mampu mengeluarkan suara lebih nyaring.
  2. Kemudian, perhatikan apakah cover dari Smartphone menutupi speaker. Cover umumnya sudah dirancang sedemikian rupa supaya tidak menghalangi speaker. Namun pada beberapa kasus, kualitas cover yang buruk menghalangi vibrasi dari Smartphone dan suara yang luar. Jadi coba periksa kembali apakah case ponsel anda sudah dipasang dengan rapi tanpa menutup sumber audio.
  3. Anda juga bisa menginstal aplikasi equalizer. Di Google Play, ada banyak aplikasi yang bisa dipergunakan untuk meningkatkan volume speaker. Bahkan jika volume sudah maksimal, aplikasi masih bisa membuatnya mengeluarkan suara lebih kencang lagi. Aplikasi tersebut bekerja dengan meningkatkan volume bass dan mengatur preset supaya suara terdengar lebih nyaring.
  4. Pilih aplikasi musik berkualitas. Faktanya, memilih aplikasi musik sangat penting untuk mengoptimalkan kualitas suara yang keluar. Aplikasi berkualitas memberikan kontrol penuh bagi pengguna untuk mengelola musik di dalam katalog mereka. Ada beberapa yang kami sarankan, seperti Poweramp dan Equalizer+. Keduanya memiliki banyak sekali pengaturan. Namun untuk mendapatkan fitur terbaik, tidak ada salahnya untuk mencoba versi berbayar. Ternyata banyak aplikasi gratis yang juga menawarkan versi premium. Jika anda ingin mendapatkan pengalaman terbaik, jangan sungkan untuk upgrade. Toh harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal.
  5. Opsi lain yang juga bisa anda coba adalah memakai headphone. Suara yang keluar dari headphone biasanya lebih keras, apalagi dari headphone berkualitas. Jika ini dipadukan dengan aplikasi musik, anda akan mendapatkan sensasi mendengarkan musik luar biasa. Ini bekerja bahkan untuk Smartphone yang tidak terlalu mahal sekalipun.

Itu tadi cara meningkatkan kualitas suara pada Smartphone Android anda.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, Tips dan Trik