Cara Menjaga Keamanan Saat Surfing di Internet

Internet telah menjadi bagian penting dari hidup manusia. Banyak orang dalam kesehariannya tidak bisa lepas dari internet karena ada banyak hal yang bisa dilakukan disana. Jika anda adalah salah satunya, jangan pernah lengah karena saat kita terkoneksi dengan internet, seketika itu pula informasi personal kita terekspos ke dunia maya. Berikut ini kami akan berbagi informasi tentang cara menjaga keamanan saat surfing di internet.

Cara Menjaga Keamanan Saat Surfing di Internet

Keamanan pertama bisa dimulai dengan membuat password yang kuat. Salah satu aktivitas favorite di internet adalah membuat akun di sosial media dan website lainnya. Jika anda sering melakukan aktivitas di akun yang anda miliki, sebaiknya proteksi akun-akun tersebut dengan password yang tidak mudah ditebak. Selain itu, buat beberapa variasi password berbeda untuk semua akun. Jika semuanya sama, maka akan mudah untuk membobol semua akun jika passwordnya berhasil ditebak.

Tips berikutnya adalah menjaga keamanan email. Kita biasanya diminta untuk menghubungkan akun media sosial, seperti Snapchat, Facebook, dan Twitter dengan email. Disini jelas terlihat bahwa peran email itu sangat penting. Anda perlu menetapkan password yang sulit ditebak untuk email. Selain itu, jangan sering-sering melakukan login di jaringan yang tidak terpercaya karena password bisa saja dicuri jika anda melakukannya. Yang juga penting adalah harap berhati-hati dengan email phising. Jangan sembarangan mengklik link yang terdapat di email masuk karena bisa saja itu mengandung virus atau malware lain yang bisa mengancam keselamatan akun anda.

Berikutnya, anda juga perlu menjaga keamanan saat berkunjung ke toko online. Ini termasuk aktivitas yang sangat beresiko karena ada uang terlibat di dalamnya. Banyak konsumen merasa tertipu karena uang di rekening mereka dikuras tanpa ijin. Sebagai langkah preventif, anda sebaiknya berbelanja hanya di website yang url-nya didahului oleh prefix https. Huruf s pada deretan tersebut mengindikasikan bahwa website itu memakai protokol untuk mengenkripsi komunikasi antara server dan komputer anda. Biasanya ini dipakai oleh toko-toko online profesional, termasuk website perbankan dan e-commerce lain yang serius menjalankan bisnisnya. Ini penting jika anda diminta untuk memasukkan informasi personal seperti kartu kredit. Tapi jika toko tersebut menerima pembayaran lewat transfer bank tanpa pembayaran lewat kartu kredit, maka URL https tidak menjadi sebuah kewajiban.

Nah, itu tadi cara menjaga keamanan saat surfing di internet.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik