Cara Menyembunyikan Folder dan File di Komputer

Bangbiw.com – Setelah sebelumnya kita membahas mengenai cara untuk mengunci folder di komputer maka untuk bahasan kali ini kita akan membahas mengenai cara menyembunyikan folder dan file di komputer. Kedua cara ini pada dasarnya bertujuan sama yakni untuk melindungi file pribadi dari orang yang tidak berhak untuk mengaksesnya. Jika mengunci file dalam komputer cara kerjanya yakni mengunci file yang terlihat, maka untuk menyembunyikan file maka kita akan menyembunyikan filenya sama sekali sehingga orang yang tidak tahu caranya, tidak akan mengetahui keberadaan file tersebut.

Untuk dapat menyembunyikan file di komputer terdapat dua cara yakni yang sederhana, menggunakan software dan program sederhana. Untuk menyembunyikan file dengan program sederhana maka kamu bisa coba dengan caranya di artikel cara mengunci files.

cara menyembunyikan files

Oke tanpa banyak penjelasan lagi, langsung saja simak cara menyembunyikan folder dan file di komputer di bawah ini :

A. Cara menyembunyikan folder dan file di komputer secara sederhana

Pertama klik kanan pada file yang akan di sembunyikan, lalu centang opsi hidden. Setelah itu klik bagian bar atas organize, lalu klik folder and search options, klik bagian View, beri centang pada bagian don’t show hidden files, folder and drives. Maka file yang di hiden akan tersembunyi.

Di bagian ini selain bisa menyembunyikan file, kamu juga bisa menampilkan file yang di hidden oleh virus terutama virus yang biasa ada di flashdisk (saat kapasitas flashdisk di cek ada data namun saat dibuka data tidak nampak). Caranya dengan hilangkan centang pada bagian “hide protected operating system files (recommended)”.

Maka files yang menyamar menjadi virus di flashdisk pun akan terlihat (ingat hanya di bagian flashdisk, jika menemukan file di drive lain yang terbuka karena menghilangkan centang hide protected operating system files (recommended) maka kemungkinan itu file bawaan windows (jangan dihapus).

Cara menyembunyikan folder dan file di komputer

B. Cara menyembunyikan folder dan file di komputer dengan Software

Untuk menyembunyikan files dengan software maka kamu bisa mengunduh banyak aplikasi dan software peng hiden files, salah satu yang bagus adalah Wise Folder Hider.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Tips dan Trik