Cara Merawat dan Membersihkan Keyboard Laptop

Kali ini, kami akan membahas cara merawat dan membersihkan Kyeboard Laptop. Keyboard merupakan alat yang sangat penting pada laptop. Jadi, keyboard laptop harus dirawat dan dibersihkan dengan baik. Meskipun saat ini kita sudah tidak menggunakan keyboard fisik, seperti pada tablet PC, tapi peran keyboard pada laptop tidak bisa ditinggalkan.

Keyboard pada laptop jelas tidak sama dengan PC pada umumnya. Jika tidak dirawat dengan baik, keyboard laptop menjadi sering kotor dan bahkan rusak. Apa yang terjadi apabila salah satu tombol keyboard laptop anda tidak berfungsi dengan baik? Dijamin anda tidak akan nyaman menggunakan laptop.

Oleh karena itu, daripada mengeluarkan biaya untuk perbaikan atau bahkan mengganti keyboard laptop baru, sebaiknya anda melihat artikel ini “Tips Merawat & Membersihkan Keyboard Laptop”. Agar keyboard laptop anda tahan lama.

Cara Merawat dan Membersihkan Keyboard Laptop

Nah, berikut dibawah ini adalah cara merawat dan membersihkan keyboard laptop dengan benar :

  1. Sebelum membersihkan keyboard leptop anda, matikan power laptop. Cabut charger dan lepaskan kabel-kabel USB yang masih menancap pada laptop yang akan dibersihkan.
  2. Miringkan laptop anda kedepan Untuk pembersihan sederhana, miringkan laptop anda ke depan. Tiup perlahan bagian keyboard agar debu dan partikel-partikel kotoran yang menempel bisa terbuang.
  3. Gunakan alat yang tipis namun kuat sepertii ujung sendok teh, dan balut dengan lap sedikit basah untuk membersihkan tepi (batasan) keyboard dengan monitor.
  4. Untuk mencegah debu menempel kembali, gunakan keyboard protector yang terbuat dari karet. Pelindung ini bisa mencegah kotoran atau debu masuk ke sela-sela tombol keyboard, bahkan agar cairan tidak masuk ke dalam laptop anda.
  5. Jangan menaruh minuman atau makanan di dekat laptop, bagaimana kalau laptop anda terkena tumpahan air? Hal ini sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan konsleting pada laptop anda.
  6. Kurangi kebiasaan main game di laptop, ketika anda bermain game, hanya beberapa tombol saja yang ditekan, ini dapat menyebabkan keyboard rusak. Apalagi game dengan tipe Racing. Tipe racing memencet tombol gas selama racing berakhir. Tentunya tombol tersebut tertekan sangat lama. Saya sarankan menggunakan joystick, ini dapat mencegah kerusakan keyboard laptop anda.

Demikian ulasan dari kami tentang cara merawat dan membersihkan keyboard laptop. Semoga tips tersebut menjadi pengingat anda agar selalu membersihkan dan merawat keyboard laptop anda.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Komputer