Cara Mudah Backup Data pada iPhone

Untuk pengguna smartphone iPhone banyak aktivitas yang mungkin Anda lakukan pada iPhone Anda, salah satunya seperti upgrade iOS atau yang berhubungan dengan sistem operasi Anda. Aktivitas semacam itu mungkin hal yang biasa untuk para geek iPhone, karena sudah mengetahui seluk beluk dan tips atau tutorialnya, tapi tidak ada salahnya untuk membackup data pada iPhone Anda untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti error sehingga sistem operasi Anda harus direset ulang.

Lalu bagaimana cara backup iPhone Anda? berikut langkah-langkah yang Anda bisa lakukan untuk membackup data pada iPhone Anda

Backup Data Menggunakan iCloud

Anda bisa menggunakan layanan yang satu ini yaitu iCloud. Apple menyediakan kapasistas 5GB secara gratis untuk pengguna iOS untuk penyimpanan data dan bisa juga untuk pemindahan data dari perangkat iOS ke perangkat iOS lainnya.

Untuk meninkmati layanan iCloud ini, Anda diharuskan membuat akun iCloud pada iPhone Anda. Caranya cukup mudah hanya dengan masuk ke bagian settings lalu cari “iCloud“.

icloud backup iphone

Lalu, Anda masuk ke akun iCloud Anda, kemudian masukan Apple ID. Selanjutnya pilih Settings kemudian pilih iCloud, dan Anda masuk ke bagian Storage & Backup. Pada menu tersebut terdapat pilihan sub-menu iCloud Backup. Dan aktifkan iCloud Backup tersebut. Mudah bukan?

Backup Data Menggunakan iTunes

Berikutnya backup dengan menggunakan iTunes. Syarat yang utama untuk membackup menggunakan iTunes adalah dengan memasang program iTunes pada komputer Anda terlebih dahulu. Jika sudah selanjutnya hubungkan iPhone Anda ke komputer yang sudah dipasang iTunes sebelumnya.

Backup Data Menggunakan iTunes

Langkah selanjutnya yaitu sinkronisasikan iPhone Anda dengan komputer tersebut. Setelah terhubung pada komputer akan ada pilihan menu, dan pilihlah menu “backup“. Setelah memilih menu backup tunggu beberapa saat sampai selesai, dan jangan pernah untuk membatalkan proses backup, karena bisa berakibat data Anda hilang. Cara yang ini tergolong lebih mudah dan tidak terlalu sulit.

Backup Data Menggunakan iTunes Wi-Fi

Sama seperti cara di atas, namun cara ini tidak menggukan kabel yang dicolokan ke komputer melainkan menggunakan Wi-Fi. Untuk melakukan backup data dengan iTunes Wi-Fi ini minimal Anda harus memasang iTunes 10.5 dan iOS 5. Jika update Anda masih versi lama disarankan upgrade ke versei terbaru terlebih dahulu, caranya pilih General, kemudian Software Update.

Saat pertama kali menggunakan fitur ini, maka Anda harus menyinkronkan Wi-Fi dengan cara Wi-Fi Sync. Karena pertama kalinya sambungkan iPhone Anda ke komputer dengan USB, hal ini dilakukan hanya sekali saja untuk tujuan sinkronisasi.

Setelah iPhone tersambung ke komputer buka iTunes Anda dan carilah pada bagian Summary yaitu Sync with this iPhone/iPad Over Wi-Fi lalu Apply untuk mengsinkronisasikan. Jika sudah matikan program iTunes dan restart iPhone Anda. Sehabis itu proses sinkornisasi sudah selesai, dan Anda bisa melakukan backup iPhone dengan iTunes Wi-Fi dengan cara Settings.app > General > iTunes > Wi-Fi Sync pada Iphone Anda. Sedikit rumit ya?

Itu tadi penejelasan tentang Cara Mudah Backup Data pada iPhone. Hal ini bukan hanya bisa dilakukan pada iPhone saja, namun juga bisa dilakukan pada perangkat iPad. Semoga membantu.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Gadget, Tips dan Trik