Cara Mudah Mengamankan Gadget (Backup dan Perawatan Rutin)

Gadget sebenarnya merupakan teknologi komputasi, sehingga tetap memerlukan perawatan layaknya sebuah PC atau komputer. Gadget adalah sebuah benda pintar layaknya sebuah PC atau komputer mini, dimana pirantinya sangat rapuh dan mudah rusak.

Setidaknya ada 3 (tiga) hal yang perlu anda perhatikan dalam merawat sebuah peranti gadget, yaitu keamanan, backup online, dan perawatan rutin.

Cara-Mudah-Mengamankan-Gadget

Berikut kami jelaskan Cara Mudah Mengamankan Gadget :

 

Mengamankan Data Yang Terdapat Pada Komputer Lokal

Serangan terhadap data yang telah tersimpan di dalam komputer merupakan masalah keamanan klasik. Memasang aplikasi anti virus dan perangkat keras keamanan lainnya seperti Smadav, Avira, Avast dll merupakan suatu keharusan, begitu pula kepastian bahwa aplikasi pengaman ini selalu diupdate dan diperbaharui. Selain pemasangan aplikasi anti virus, perlu juga dilakukan pemindaian secara berkala.

Secara otomatis kedua hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah. Sebaiknya anda menggunakan kata sandi atau sejenisnya agar gadget anda dapat terlindungi dari ancaman virus dan juga dapat mengamankan akses lokal.

Selalu Amankan Koneksi

Cara Mudah Mengamankan Gadget selanjutnya adalah dengan mengamankan koneksi. Saat ini masalah yang lebih sering ditemukan adalah masalah keamanan ketika mengakses dunia maya atau kerap disebut dengan jaringan Internet. Pada waktu kita mengunjungi suatu web tertentu, kita harus jeli dan dapat memastikan apakah web yang kita kunjungi merupakan web palsu (phishing). Web palsu ini memiliki bentuk yang mirip sekali dengan bentuk aslinya, sehingga dalam hal ini diperlukan kecermatan untuk dapat mengidentifikasi apakah ini web asli atau palsu. Cara mengidentifikasinya yaitu anda dapat melihat alamat URLnya apakah sama atau berbeda.

Pengamanan Sandi

Kata sandi yang baik dan aman yaitu kombinasi antara huruf dan angka yang lebih panjang dari 8 (delapan) karakter. Bila anda akan membuat akun baru, selalu biasakan untuk memilih kata sandi yang berbeda pada setiap akun yang akan anda buat. Bila hal ini dirasakan terlalu sulit pertimbangkan dengan menggunakan pengelola kata sandi (password manager).

Membuat Cadangan Data

Terkadang meskipun kita sudah waspada dan hati-hati dalam mengamankan gadget, karena lain hal kita tetap dapat kehilangan data, contoh yang paling banyak kita temukan yaitu tidak sengaja menghapusnya atau lain-lain. Masalah ini akan terasa lebih ringan bila kita sudah terbiasa melakukan cadangan data.

Semoga tips tentang Cara Mudah Mengamankan Gadget di atas dapat bermanfaat dan dapat anda praktekkan dengan mudah. Sekian terima kasih atas kunjungannya.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Gadget