Cara Mudah Merawat Harddisk dan Menghindari Kerusakannya

Cara Mudah Merawat Harddisk dan Menghindari Kerusakannya – Harddisk merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan file. Bedanya dengan RAM, harddisk lebih mengarah ke penyimpanan file secara permanen. Dalam pemakaiannya, harddisk kerapkali berpengaruh pada kinerja komputer. Apabila harddisk mengalami gangguan, maka kinerja komputer juga akan mengalami hal serupa. Intinya, harddisk pada komputer memegang peranan cukup penting.

Untuk itu, sebaiknya anda rajin merawat harddisk agar terhindar dari kerusakan. Kiat-kiat merawatnya pun juga tidak terlalu sulit, asalkan dilakukan sesuai dengan petunjuk serta tetap hati-hati karena mengingat harddisk merupakan perangkat vital dalam komputer. Kaitannya dengan hal itu, kami pun akan menyuguhkan artikel mengenai cara merawat harddisk untuk menghindari kerusakan. Berikut ulasannya.

Tips Mudah Merawat Harddisk dan Menghindari Kerusakannya

Cara Merawat Harddisk agar Terhindar dari Kerusakan

  1. Jangan menutup rapat-rapat lubang casing pada harddisk, sebab hanya akan menutupi ruang kosong dan akhirnya sirkulasi udara pada bagian harddisk tidak akan lancar. Akibatnya, harddisk akan mengalami penurunan kinerja sehingga akan berdampak pada kinerja komputer anda.
  2. Mematikan komputer secara baik dan benar adalah harga mati apabila anda tidak ingin harddisk pada komputer anda mengalami kerusakan. Lakukanlah langkah-langkah yang benar yaitu klik tombol “start”, kemudian pilih “shutdown” lalu tunggu hingga benar-benar nonaktif. Sebaliknya, apabila anda mematikan komputer dengan cara langsung mencabut kabel pada stop kontak, maka harddisk anda akan mengalami kerusakan.
  3. Letakkan CPU komputer anda pada ruangan yang ada sirkulasi udaranya. Hal ini agar harddisk komputer anda mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga kinerja harddisk pun juga akan baik dan yang terpenting akan terhindar dari kerusakan.
  4. Sering-seringlah melakukan pengecekan terhadap perangkat harddisk komputer anda. Pengecekan tersebut dapat anda lakukan dengan defrag harddisk anda. Lakukan secara rutin agar jika sewaktu-waktu terdapat sedikit kerusakan maka anda akan mudah untuk melakukan perbaikan.
  5. Pada setiap penggunaan, pastikan harddisk anda tetap disuplai udara oleh kipas yang tersedia. Usahakan untuk selalu memantau bahwa kipas pada CPU tetap hidup agar harddisk komputer tetap dingin. Selain itu, periksa secara rutin perangkat power supply yang mengaliri tegangan pada harddisk anda.

Itulah beberapa cara sederhana untuk merawat harddisk dan menghindarkan dari kerusakan. Semoga dapat memberi solusi untuk anda, dan selamat mencoba.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware, Tips dan Trik