Cara Repair Windows XP Tanpa Instalasi Ulang

Cara repair Windows XP tanpa instalasi ulang adalah artikel yang akan mengupas mengenai tutorial untuk memperbaiki kesalahan atau eror yang terjadi pada sistem operasi Windows XP. Sistem operasi komputer seperti Windows XP tidak selalu berjalan secara mulus, pasti pernah mengalami kerusakan berupa error. Misalnya saja Anda tidak bisa log on ke sistem operasi Windows XP di komputer Anda.

Sebagian besar orang memilih untuk menginstall ulang kembali sistem operasi Windows XP pada komputernya sebagai cara instan memperbaiki eror tersebut. Memang menginstall ulang kembali sistem operasi Windows XP akan memperbaiki kerusakan atau eror yang terjadi. Dan komputer pun bisa di operasikan seperti biasanya. Namun sayangnya cara ini memiliki kelemahan, yakni membuat program-program yang telah ada sebelumnya pada komputer Anda menjadi hilang. Hal ini membuat Anda harus menginstall ulang kembali program-program yang hilang tersebut. Cara ini bisa di bilang cukup merepotkan.

Oleh karena itu, cara lain yang bisa Anda pilih untuk memperbaiki sistem operasi Windows XP yang rusak adalah cara repair Windows XP tanpa instalasi ulang. Dengan cara ini sistem operasi windows yang rusak atau eror akan diperbaiki tanpa melakukan instalasi ulang. Sehingga menghemat waktu Anda dan tidak membuat program-program yang sudah terinstall di komputer atau laptop kesayangan Anda hilang.

Cara Repair Windows XP

Cara repair windows XP tanpa instalasi ulang antara lain adalah sebagai berikut ini :

  1. Siapkan CD Instalasi Windows XP. Lalu masukkan CD tersebut ke dalam DVD/CDROM yang ada pada komputer ataupun laptop kesayangan Anda. Saat CD tersebut sudah terbaca pilihlah fungsi reboot.
  2. Tunggu beberapa saat sampai muncul pesan “Press any key to boot from CD” pada layar monitor komputer atau laptop Anda. Lalu silahkan tekan saja tombol apapun pada keyboard Anda.
  3. Setelah itu, akan kembali muncul pesan lain yakni “Welcome to Setup”. Tekan saja enter pada tahap ini.
  4. Kemudian, akan muncul kotak dialog “License Agreement Windows XP”. Tekan saja tombol F8 pada keyboard Anda untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  5. Anda harus menunggu dengan sabar pada tahap ini. Karena di tahapan ini Windows Setup akan melakukan deteksi sistem operasi yang terinstall sebelumnya. Jika sistem operasi Windows XP terdeteksi maka Anda dapat melanjutkan ke tahap “repair windows xp”. Kalau sebaliknya, maka Anda tidak bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya.
  6. Setelah sistem operasi Windows XP Anda terdeteksi, tinggal tekan saja tombol “R” pada keyboard Anda untuk menjalankan fungsi repair atau perbaikan pada sistem operasi Windows XP yang mengalami kerusakan atau eror.
  7. Kembali lagi kesabaran Anda harus di uji dalam proses repair ini sampai komputer atau laptop Anda melakukan restart secara otomatis.
  8. Setelah komputer atau laptop Anda akan melakukan restart, akan muncul kotak dialog “Press any key to boot from CD”. Pada tahap akhir ini jangan tekan tombol apapun. Biarkan saja laptop atau komputer Anda melakukan proses booting dari data atau file yang tersimpan di dalam harddisk. Jika semua proses ini telah selesai dan Anda bisa masuk ke dalam menu Windows seperti biasanya. Maka semua tahapan memperbaiki sistem operasi Windows XP Anda yang rusak telah berhasil.

Itulah cara repair Windows XP tanpa instalasi ulang yang telah dipaparkan pada bahasan di atas. Semoga dengan cara ini bisa Anda membantu memperbaiki sistem operasi Windows XP Anda yang rusak.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Komputer, Tutorial, Windows