Cara Sinkronisasi Komputer PC Dan Android

Jika anda sedang mencari informasi tentang cara sinkronisasi komputer PC dan Android, silakan baca informasi berikut ini. Ada beberapa tahapan yang harus dilewati, namun secara umum tidak terlalu sulit.

Cara Sinkronisasi Komputer PC Dan Android

Tahap pertama, install aplikasi cloud

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh lalu menginstal aplikasi penyimpanan cloud yang memungkinkan anda untuk mengupload foto dan file ke Smartphone. Ada beberapa alternatif, namun Dropbox dan Sugarsync punya fitur ini. Jadi anda bisa menginstal salah satunya pada perangkat Android anda.

Silakan cari aplikasinya di Google Play Store. Meski ada banyak aplikasi Cloud, namun keduanya ini memiliki fungsi upload foto yang sangat baik. Selain itu, pastikan Smartphone anda juga sudah terhubung dengan jaringan internet. Anda bisa memilih jaringan Wi-Fi atau internet data.

Buat akun

Tahap berikutnya adalah membuat akun. Setelah menginstal salah satu dari aplikasi yang disebutkan tadi, tugas anda selanjutnya adalah memberikan ijin agar aplikasi bisa mengunduh langsung ke perangkat. Silakan lakukan proses pendaftaran hingga selesai. Tidak ada isian yang sulit, paling anda hanya diminta untuk memasukkan Email beserta Password.

Bersiap untuk sinkronisasi

Buka aplikasi tersebut, lalu cari menu Settings. Untuk Sugarsync, menu Settings adalah icon roda bergerigi. Sementara untuk Dropbox, menu pengaturan bisa anda temukan pada pilihan dropdown. Setelah itu, pilih Turn On Camera Upload untuk di dropbox. Sementara untuk Sugarsync, anda perlu memilih opsi Autosync Photos.

Masuk ke dalam akun

Setelah anda masuk ke dalam akun dan silakan lihat gambar-gambar yang ingin anda sinkronisasikan.

Lakukan percobaan

Setelah semuanya selesai, anda bisa melakukan tes percobaan. Silakan ambil gambar dengan Smartphone seperti biasanya. Tunggu sebentar hingga proses upload dari gambar tersebut selesai. Setelah itu anda bisa membuka komputer. Silakan cari gambar pada laman Sugarsync jika anda memilih aplikasi ini. Sementara jika yang anda install adalah Dropbox, silakan temukan gambar pada tab Camera Uploads. Anda akan melihat gambar tersebut pada folder. Untuk ke depannya, setiap gambar yang anda ambil lewat Smartphone akan secara otomatis diupload ke akun jika ada koneksi internet tersedia. Itu tadi cara sinkronisasi komputer PC dan Android.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+