Cara Upgrade Hard Drive PlayStation 4

Bermain PlayStation 4 memang menyenangkan. Namun yang menjadi masalah adalah saat memori internal di dalamnya sudah tidak lagi cukup untuk menampung game-game baru yang ingin dikoleksi. Judul game semakin bervariasi saja setiap harinya. Anda mungkin tidak ingin ketinggalan perilisan game terbaru.

Cara Upgrade Hard Drive PlayStation 4

Namun di sisi lain, game lama yang tersimpan tidak bisa begitu saja kita hapus, sementara koleksi baru sudah menunggu untuk ditambahkan. PlayStation 4 punya kapasitas penyimpanan internal sebesar 500 GB. Bagi beberapa orang, mungkin kapasitas segitu masih cukup, namun yang lainnya merasa itu masih kurang. Jika anda berencana untuk upgrade hard drive PlayStation 4, anda bisa melakukannya. Anda bisa mencoba Solid State Drive atau SSD, namun sebaiknya anda memiliki 5,400rpm laptop drive, sebab yang lainnya tidak secara resmi diklaim oleh Sony. Berikut ini adalah cara upgrade hard drive PlayStation 4:

  1. Anda bisa mulai dengan mem-backup data yang tersimpan di dalam konsol anda.
  2. Setelah anda berhasil melakukan proses backup, baru matikan PS4 dan cabut colokannya.
  3. Lokasi hard drive yakni persis di bawah bagian dengan aksen glossy. Tekan itu untuk mengeluarkannya.
  4. Akan muncul logo PS4, berikutnya anda bisa lepaskan dengan bantuan obeng.
  5. Tarik HDD ke depan sehingga bisa terlepas dari pegangannya.
  6. Untuk obeng, anda bisa memakai apa saja asalkan pas dengan baut dari konsol tersebut. ada 4 tempat dimana baut harus dilepaskan sebelum HDD-nya bisa dicabut dari pegangan.
  7. Perhatikan, anda tidak boleh mencabut bagian karet dari lubang-lubang baut.
  8. Berikutnya anda tempatkan hard drive pada tempat barusan, kemudian kuatkan dengan memasukkan baut ke dalam. Tidak perlu terlalu kencang, asalkan baut sudah masuk ke posisinya, itu sudah cukup.
  9. Berikutnya anda perlu menginstal ulang software PS4.
  10. Jika itu sudah berhasil dilakukan, anda bisa mengkopi semua data yang telah diamankan sebelumnya ke hard drive yang baru. Pastikan anda login dengan akun PSN yang sama dengan akun saat anda melakukan backup data.

Berikut ini adalah cara untuk mengembalikan backup data:

  1. Yang pertama, anda harus menghubungkan USB dengan system.
  2. Klik menu Settings di layar.
  3. Lalu masuk ke pilihan Application Saved Data Management > cari data yang tersimpan di USB Storage Device > copy ke System Storage.
  4. Pilih judul, tekan X untuk menandai data yang ingin anda pindahkan. Lalu tekan Copy.

Jika sudah selesai, anda bisa memainkan game anda kembali dan menyimpan lebih banyak game. Sekian cara upgrade hard drive PlayStation 4.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, Tips dan Trik