Cek Kesehatan Baterai Perangkat Android dengan Aplikasi ini

Smartphone Android yang memiliki ketahanan baterai yang tinggi banyak dicari oleh para pecinta smartphone. Hal ini karena baterai memiliki peran yang vital bagi sebuah smartphone agar tetap bisa menyala dan berjalan dengan baik. Masa pakai yang dimiliki oleh smartphone sebenarnya dipengaruhi oleh kebiasaan yang dilakukan oleh masing-masing penggunanya.

Aplikasi untuk Cek Kesehatan Baterai Android yang Ampuh

Penyebab Baterai Cepat Habis Masa Pakainya

Banyak hal yang bisa menyebabkan umur pakai baterai ponsel menjadi lebih pendek, salah satunya adalah pengguna yang sering menyiksa smartphone dengan beragam aktivitas seperti music streaming, video streaming, serta kegiatan lainnya yang mengkonsumsi banyak daya baterai. Hal ini menyebabkan  masa pakai baterai yang ada pada smartphone menjadi lebih pendek. Biasanya sebuah baterai memiliki batas tertentu sebanyak berapa kali dapat diisi hingga penuh untuk digunakan dan seterusnya.

Sebenarnya saat ini ada beberapa aplikasi android yang memungkinkan pengguna android untuk mengecek kesehatan dari baterainya. Salah satu aplikasi yang cukup akurat adalah Repair Battery Life PRO. Aplikasi ini mampu untuk memperbaiki baterai smartphone yang mengalami kerusakan. Namun, hal ini sebenarnya terdengar hampir mustahil untuk bisa dilakukan.

Baterai smartphone android ini terdiri dari beberapa komponen kimia yang selama digunakan telah mengalami banyak perubahan dan juga proses kimia. Perubahan proses kimia yang terjadi pada baterai smartphone ini tidak akan bisa diperbaiki sekedar menggunakan bantuan aplikasi. Namun, aplikasi ini cukup layak untuk digunakan untuk mengecek kesehatan dari baterai ponsel android.

Fitur Unggulan Repair Life PRO

Repair Battery Life PRO ini memiliki tiga fitur unggulan, yakni Repair, Tools, dan Information. Untuk fitur Repair digunakan untuk mengidentifikasi kondisi sel-sel baterai yang biasanya terdiri dari tiga maca, yaitu low, inactive, dan healthy.

Seperti disebutkan sebelumnya, fitur ini sebenarnya tidak masuk akal karena hampir tidak mungkin sebuah baterai smartphone bisa diperbaiki dengan aplikasi yang hanya membutuhkan beberapa kali tap di aplikasi tersebut.

Sedangkan fitur yang kedua adalah Tools. Untuk bisa menggunakan fitur yang kedua ini diperlukan aplikasi tambahan lainnya yaitu Advanced Battery Calibrator yang diproduksi oleh pengembang yang sama juga. Dari nama yang digunakan bisa dipastikan bahwa aplikasi ini memungkinkan pengguna smartphone android untuk melakukan kalibrasi pada baterai. Dengan menggunakan cara ini bisa menjadikan performa baterai menjadi lebih baik lagi.

Adapun untuk fitur yang terakhir adalah Information. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui informasi seputar baterai smartphone yang dimilikinya. Informasi yang bisa dicek antara lain adalah suhu, voltase, sisa daya, arus, dan sebagainya.

Yang dilakukan oleh aplikasi ini bukan memperbaikinya secara langsung tetapi menunjukkan perubahan dan juga masalah yang terjadi pada ponsel tersebut. Dengan mengetahui masalah yang ada pada smartphone maka Anda dapat memutuskan kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian pada baterai.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



Tips dan Trik