Ciri-ciri Baterai Handphone yang Harus Diganti

Saat membeli sebuah handphone baru, daya baterai merupakan hal yang paling banyak dipertimbangkan oleh calon pembeli. Semakin tinggi spesifikasi prosesor pada smartphone maka semakin tinggi daya baterai yang dibutuhkan.

Dengan procesor quad core baterai yang dibutuhkan adalah di atas 2000mAh, bahkan untuk kapasitas baterai 2000mAh masih terbilang kurang untuk spesifikasi quad core dan andreno 320, dibutuhkan baterai di atas 3000mAh untuk spesifikasi berikut agar daya baterai smartphone dapat bertahan lama.

Ciri-ciri Baterai Handphone yang Harus Diganti

Banyak faktor yang mengharuskan baterai handphone harus diganti dengan baterai yang baru, sebenarnya ciri-ciri tersebut sudah umum kita ketahui dari kondisi baterai tersebut,  seperti baterai yang cepat habis dan bergelembung. Berikut ciri baterai handphone harus diganti.

Baterai handphone cepat habis

Apabila baterai cepat habis lain dari biasanya, yang seperti daya smartphone bisa bertahan 6 jam browsing dan game kini hanya bertahan 3 jam saja untuk browsing dan game, mungkin saja baterai handphone Anda bocor. Sama halnya jika handphone sudah dicharge 100% ketika dilepas baterai cepat terkuras.

Panas baterai yang berlebih

Apabila kondisi atau suhu baterai terasa lebih panas atau cepat panas dari biasanya maka gantilah baterai handphone tersebut. Baterai yang panas berlebih dan cepat panas biasanya berakibat karena sering digunakan secara terus menerus, jika handphone jarang digunakan tetapi baterai panas maka sebaiknya tanyakan ke costumer service merk handphone Anda.

Baterai bergelembung

Perubahan bentuk pada baterai  adalah faktor umum yang sudah banyak orang ketahui. Sudah bisa dipastikan bahwa baterai yang bergelembung adalah ciri-ciri baterai handphone harus diganti. Penyebab baterai megelembung yaitu akbibat penggunaan secara berlebihan, faktor usia baterai dan kualitas baterai.

Timbul percikan api

percikan api timbul akbiat baterai handphone korslet, percikan ini sangat berbahaya karena dapat membuat handphone terbakar bahkan meledak akibat cairan yang ditimbulkan. Baca juga Cara Mengatasi dan Mencegah Baterai Lithium-ion Terbakar atau Meledak.

Jika baterai sudah mengalami ciri-ciri di atas maka mengatasinya adalah dengan mengganti baterai baru. Untuk menjaga baterai supaya awet pastikan mengikuti tips berikut saat men-charge smartphone. Itu tadi cara mengetahui baterai handphone yang sudah harus diganti. semoga bermanfaat

 

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Gadget, Sharing