Contoh Kelebihan dan Kekurangan Linux

Contoh kelebihan dan kekurangan Linux adalah artikel yang akan membahas mengenai hal-hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi Linux di bandingkan dengan sistem operasi lainnya. Salah satu hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan saat memilih sistem operasi yang tepat untuk komputer Anda adalah mencari tahu kelebihan dan kekurangannya.

Seperti yang akan di bahas dalam artikel ini yakni tentang contoh kelebihan dan kekurangan Linux. Jika Anda berniat memilih sistem operasi Linux maka kenali dulu kelebihan dan kekurangannya. Agar Anda tidak salah pilih sistem operasi komputer.

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Contoh kelebihan dan kekurangan Linux adalah sebagai berikut ini :

Kelebihan dari sistem operasi Linux yaitu :

  1. Kelebihan pertama yang bisa Anda peroleh dari sistem operasi Linux adalah sifatnya yang gratis. Sistem operasi Linux ini bisa Anda download dengan gratis melalui internet. Anda tidak perlu mengeluarkan sepeser uang pun untuk memakai sistem operasi Linux. Berbeda dengan sistem operasi Windows yang harus Anda beli dengan kisaran harga yang lumayan mahal.
  2. Kelebihan dari Linux yang bisa Anda peroleh yaitu sistem operasi Linux lebih aman dan terjaga dari virus-virus di bandingkan dengan sistem operasi Windows.
  3. Para pengguna sistem operasi Linux diberikan kebebasan sepuasnya untuk mengutak-atik sistem operasi Linux.
  4. Sistem operasi Linux bisa di instal pada komputer yang memiliki spesifikasi rendah sekalipun. Jadi tidak harus mempunyai komputer yang spesifikasinya tinggi untuk menginstal sistem operasi Linux ini.
  5. Sistem operasi Linux lebih stabil di bandingkan dengan sistem operasi Windows. Sehingga dengan menggunakan sistem operasi Linux, Anda tidak perlu merestart komputer akibat adanya crash yang terjadi.

Kekurangan dari sistem operasi Linux yaitu :

  1. Kekurangan yang pertama dari sistem operasi Linux adalah Linux sifatnya tidak “friendly user”. Sehingga kebanyakkan orang yang mencoba mengoperasikan sistem operasi Linux mengalami kesulitan.
  2. Linux kurang terkenal di bandingkan dengan sistem operasi Windows. Sehingga sedikit orang yang memilih sistem operasi Linux ini. Misalnya di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia sistem operasi yang dikenalkan dan di ajarkan kepada para siswa adalah sistem operasi Windows. Sehingga umumnya di kalangan pelajar merasa asing dan tak kenal dengan sistem operasi Linux. Serta mereka tidak bisa mengoperasikan sistem operasi Linux karena tidak di ajarkan di sekolah.
  3. Kekurangan sistem operasi Linux yang lain adalah proses menginstalnya yang lebih sulit dibandingkan dengan menginstal sistem operasi Windows.

Itulah beberapa contoh kelebihan dan kekurangan Linux yang bisa menjadi referensi untuk Anda dalam memilih sistem operasi yang tepat. Namun yang paling penting dalam memilih sistem operasi adalah Anda memiliki pengetahuan yang baik tentang sistem operasi tersebut dan mampu mengoperasikannya dengan baik pula.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Komputer, Linux