Etika Menulis Blog yang Baik dan Benar

Capek juga yah tiap hari menulis tentang teknologi melulu, sesekali menulis tentang gaya penulisan saya tidak ada salahnya bukan? Sebelumnya perkenalkan nama saya Muhamad Rayhan Dillah kelas 2KA39 yang sedang diberi tugas oleh dosen mata kuliah Teori Organisasi Umum 2 di salah satu universitas swasta Gunadarma. Tugas tersebut yaitu membuat tulisan tentang “Etika Menulis Blog“, berikut pembahasannya.

etika menulis blog

Dalam tehnik menulis ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

Konsep

Seperti seorang Arsitektur yang sedang ingin membangun rumah, membuat tulisan pun harus ada konsepnya, kalaupun tidak memiliki konsep, setidaknya terbayang akan suatu hal yang akan dijadikan tulisan. Contoh: “Nanti ditulisan saya harus ada kata pembukanya lalu isi dan terakhir penutup”

Tulis Sendiri

Siapa saja bisa nulis, loh kenapa judulnya Tulis Sendiri?

Tulis sendiri di sini maksudnya adalah menulis dengan pikiran sendiri, artinya jangan copy-paste. Fenomena copy-paste ini sudah banyak merugikan blogger-blogger yang tulisannya diCOPAS oleh blogger lain yang tidak tau etika dalam menulis blog. Mending dicantumkan sumber berupa backlink, lha ini, sudah copas tidak mencamtumkan sumber. Siapa yang tidak kesal coba?

Hal ini merupakan pelanggaran hak cipta, kalau hal ini terjadi kepada saya, biasanya saya melaporkan di webmasters google untuk pelanggaran hak cipta di sini, tapi sebelumnya saya peringatkan terlebih dahulu sebelum melaporkan ke DMCA untuk menghapus artikel hasil copy-paste tersebut 2×24 jam. Tulisan saya di blog bangbiw.com ini ada 260 post dari total jumlah artikel 315, sisa 55 artikel lain yaitu dari content writers yang menggantikan saya jika saya berhalangan.

Tulisan yang Readable

Bisa ‘nulis sendiri’ saja tidak cukup, kalau tidak bisa dibaca bagaimana?

Buatlah tulisan Anda enak dibaca oleh pembaca. Jangan dari step 1 terus tiba-tiba loncat ke step 5, atau penutupnya dulu baru isinya, kalau seperti itu pembaca Anda juga bingung.

Tulisan yang Readable

Selain step yang tidak karuan, hal yang tidak membuat tulisan tidak dibaca yaitu hasil SPIN dan Translate. SPIN adalah tools untuk membuat artikel unique, caranya tinggal memasukkan kata ke tools tersebut, lalu tools tersebut mengindentifikasi sinonimnya dan jadilah artikel baru.

Namun perlu diketahui hasil artikel SPIN sangatlah buruk, hasilnya tidak akan mudah untuk dibaca, bukannya pembaca mengerti malah tambah bingung.

Gaya Penulisan

Gaya penulisan ini jugalah penting untuk membuat blog kita berkaratker. Contohnya kompas membuat tulisan dengan Formal dan baku. Kalau gaya penulisan saya untuk artikel ini apa? Yup semi-formal.

gaya penulisan

Perhatikan juga penulisan yang sopan, penggunaan kata yang senonoh atau kasar sangatlah tidak baik untuk blog Anda.

EYD dan Preposisi

Eyd

Pengunaan kata EYD sudah diajarkan sejak kita masih Sekolah Dasar. Masih ingat tentang Proklamasi? Penulisannya masih menggunakan EYD lama, seperti yang dikutip pada penulisan tanggal Proklamasi kemerdekaan “Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 45”. Kalau sekarang sudah banyak revisi tentang EYD, baca selengkapnya di sini.

Namun kini ada fenomena EYD versi ngalay, seperti “4man9 3n4k b4c4 tul1san ini?” atau “mang nak, aca ulisan nich?” Wahh, bikin sakit mata saja. Yang seperti ini jangan ditiru.

Preposisi

Preposisi atau kata depan yaitu merupakan rangkaian kata-kata, atau kalimat dan biasanya diikuti dengan nomina atau pronomina. Preposisi bisa berbentuk kata, misalnya di dan untuk, atau gabungan kata, misalnya bersama atau sampai dengan.

Contohnya: rumah adalah kata tempat, penulisan yang benar adalah “Di rumah” dengan spasi. Melihat adalah kata sifat, penulisan yang benar adalah “dilihat” tanpa spasi. Jangan sampai terbalik ya.

Baris dan Paragraph

Baris dan Paragraph

Untuk baris baiknya setiap paragraph terdiri dari 4 baris, jika terlalu banyak baris pada suatu paragraph pembaca akan pusing melihat tulisan Anda. Lalu setiap 3 paragraph diberi gambar supaya pembaca disuguhkan sesuatu hal selain tulisan, jika hanya tulisan saja tanpa adanya gambar tulisan Anda menjadi kurang menarik dan membosankan.

Pengunaan Heading dan Format lainnya

Katanya pengunaan Heading dan format seperti Bold, Underline dan segala macam itu berpengaruh ke SEO Onpage (Search Engine Optimization). Kalau saya tidak memikirkan hal tersebut. Untuk penggunaan Heading dan format saya sesuaikan saja dengan tulisannya supaya enak dilihat, jika berpengaruh ke SEO tentu saja itu menjadi nilai plus ke tulisan saya.

Nah itu tadi beberapa hal Etika Menulis Blog yang Baik dan Benar, menulis di blog juga ada etika nya. Tulislah tulisan yang bermanfaat di blog Anda, sehingga pembaca akan senang atas hal yang telah Anda berikan, “More you give, more you get!”.

Blog juga bisa menjadi ladang pahala jika dimanfaatkan dengan baik, seperti memberikan informasi, tips atau tutorial yang bermanfaat bagi orang lain, memberikan manfaat untuk orang merupakan suatu pahala. Semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Sharing