Faktor Penyebab Harddisk Komputer Rusak

Faktor Penyebab Harddisk Komputer Rusak – Harddisk merupakan bagian vital dari sebuah kesatuan pada perangkat komputer atau laptop. Pada dasarnya, harddisk berfungsi sebagai alat untuk menyimpan data/file dalam komputer. Sifat dari harddisk itu sendiri adalah menyimpan dokumen secara permanen.

Selain itu, harddisk juga dapat mempengaruhi kinerja sebuah perangkat komputer/laptop. Itulah mengapa harddisk dikatakan sebagai perangkat keras yang memegang peranan penting alias vital keberadaannya.

Untuk itu sebaiknya anda berhati-hati dalam mengoperasikan komputer yang kaitannya dengan harddisk. Lakukan perawatan harddisk secara rutin agar terhindar dari kerusakan. Selain itu, kita pun juga perlu mengetahui apa saja yang menjadi faktor penyebab rusaknya harddisk komputer. Berikut ini adalah pembahasannya.

Faktor Penyebab Harddisk Rusak
Harddisk Rusak

Usia Harddisk – Cukup wajar memang, apabila faktor usia harddisk dikatakan sebagai penyebab kerusakan harddisk. Ini juga sangat umum dalam keseharian teknologi komunikasi. Lebih jelasnya, anda pun sebaiknya selalu merawat harddisk agar tidak terjadi kerusakan yang menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat.

Overheat – Panas yang berlebihan dapat memberi pengaruh besar terhadap kerusakan harddisk. Ini artinya, anda setidaknya menambahkan aksesoris kipas angin di dalam CPU. Perangkat tersebut berfungsi mendinginkan harddisk yang panas ketika mengalami penerimaan tegangan listrik dari power supply.

Mematikan Komputer Sembarangan – Apabila anda mematikan komputer tidak melalui “shutdown” maka jangan harap harddisk anda baik-baik saja. Hal yang terjadi adalah kerusakan atau menurunnya kinerja harddisk. Untuk itu, anda sebaiknya selalu mematikan komputer sesuai prosedur yang baik dan benar.

Sering Mati Listrik – Tegangan listrik yang tidak stabil atau sering mati mendadak dapat memicu kerusakan harddisk. Hal ini sering terjadi untuk wilayah yang masih tertinggal dalam hal teknologi komunikasi. Solusinya, anda dapat menggunakan pengaman tegangan seperti UPS dan stavolt.

Sering atau Tidak Sama Sekali Defrag – Tujuan melakukan defrag adalah untuk melakukan perawatan harddisk. Namun, hal itu justru menjadi boomerang apabila anda melakukan defrag berkali-kali selama kurun waktu yang singkat. Pun, anda juga akan terkena imbasnya apabila sama sekali tidak melakukan defrag. Anda disarankan untuk melakukan defrag 2-3 kali dalam sebulan.

Itulah beberapa pembahasan detail mengenai hal-hal yang menyebabkan harddisk error. Semoga dapat memberikan solusi bagi anda pembaca setia blog ini, terima kasih dan sampai jumpa.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware