Inilah Penyebab Harddisk Bad Sector

Harddisk yang bad sector dapat menyebabkan komputer/laptop tidak berfungsi secara penuh, bisa menyebabkan sistem operasi gagal beroperasi, kehilangan data-data penting, dan kegiatan game atau multimedia terhenti karena harddisk yang bad sector. Lalu apakah saja Penyebab Harddisk Bad Sector.

Faktor Penyebab Harddisk Rusak
Harddisk Rusak

Kerusakan harddisk dapat dihandari jika anda dapat menangkal terjadinya kerusakan tersebut. Apa sajakah penyebab harddisk bad sector:

1. Komputer Mati Mendadak

Penyebab terjadinya bad sector pada harddisk anda bisa jadi karena dalam mematikan komputer/laptop tidak secara normal. Baiknya mematikan komputer/laptop dengan mengklik tombol shutdown dari sistem operasi anda. Jangan sekali-kali langsung cabut kabel power atau langsung menekan tombol power on-off pada saat komputer/laptop sedang beroperasi.

2. Mati Listrik

Untuk anda yang tinggal di daerah rawan mati listrik dianjurkan menggunakan UPS. Untuk anda yang menggunakan laptop/notebook sebagai pc dianjurkan jangan melepas baterai anda saat menggunakan laptop/notebook, karena dapat merusak komponen laptop/notebook anda, untuk masalah baterai laptop/notebook anda dapat membaca artikel Controlling Battery Perlukah Melepas Baterai Laptop/Notebook?.

3. Jarangnya Maintenance Komputer

Sekali-kali lakukanlah maintenance pada komputer/laptop anda seperti defrag harddisk. Kenapa? Ibarat kamar anda yang selimutnya tidak pernah dirapikan alias berantakan. Sama seperti harddisk, kinerjanya dapat menurun.

4. Terkena Serangan Virus

Serangan virus dapat menyebabkan merusaknya sistem operasi, virus yang dibiarkan dalam menyebabkan komputer sering hang dan restart paksa.

5. Umur HardDisk

Jika menurut anda harddisk anda sudah cukup lama disarankan backup file anda sebelum kinerja harddisk menurun.

6. Kurang/Berlebihan Tegangan

Jika tengangan power supply normal sesuai pemakaian komponen hardware dapat memperpanjang umur harddisk dan terhindar dari bad sector.

7. Human Error

Penyebab keenam yaitu human error (kesalahan manusia) seperti terkena air atau jatuh saat memberiskan komputer/laptop.

8. HardDisk Tertarik Medan Magnet

Penyebab ketujuh tertarik medan elektromagnetik. Jika anda tidak menggunakan case pada komputer anda hindari penaruhan harddisk dari area yang mengandung magnet, seperti speaker, ponsel, dll.

Berikut diatas adalah penyebab HardDisk Bad Sector. Semoga anda dapat berhati-hati dalam merawat harddisk komputer maupun harddisk laptop.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Hardware, Sharing