Install Windows dan Linux di Komputer yang sama

Windows dan linux merupakan dua sistem operasi yang berbeda. Tentu satu dan yang lain punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu, bagaimana cara agar bisa mempunyai kedua sistem operasi tersebut? Tentu, bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini. Berikut Install Windows dan Linux pada Komputer yang sama.

Sebelum menginstal sistem operasi Linux sebaiknya pastikan tipe harddisk yang anda miliki adalah tipe 1 logik saja. Jangan lupa untuk mematikan koneksi internet yang dapat mengganggu instalasi ubuntu. Ketika internet terkoneksi saat menginstal ubuntu, maka iklan-iklan linux akan ikut terdownload sehingga prosesnya sangat lama.

Install Windows dan Linux pada Komputer yang sama

Kemudian siapkan file download ubuntu yang akan diinstal. Bila belum punya silahkan mendownload di internet secara gratis. Selanjutnya Silahkan buka file installer di windows explorer kemudian carilah file yng bernama wubi.exe. jalankan file tersebut. Akan muncul pesan keamanan di jendela anda. Klik continu untuk meneruskannya. Setelah terbuka jendela berikutnya silahkan isikan installer driver dengan partisi yang anda pilih untuk menginstal linux. Bisa pada praktisi C/ D/ E sesuai keinginan. Data pada pratisi yang anda gunakan untuk linux tidak akan hilang. Jadi, tidak perlu khawatir.

Silahkan isi besarnya pratisi linux di bagian installation size. Pratisi yang baik sekitar 10 GB. Nah, masalah bahasa juga bisa diubah dengan pilihan bagian language. Sebaiknya gunakan bahasa yang benar-benar dikuasai biar tidak bingung karena pemakaian linux berbeda dengan windows. Bila semuanya sudah diisi silahkan klik install. Proses penginstalan linux sudah dimulai. Tunggu hingga selesai. Ketika u=instalasi selesai silahkan pilih radio button dengan reboot now, kemudian klik finish. komputer anda akan melakukan restart setelah itu.

 

Untuk memilih sistem operasi yang diinginkan bisa menggunakan reboot now, bisa windows dan linux sesuai yang anda butuhkan. Cara diatas adalah cara menginstal sistem operasi linux dan windows. Linux yang digunakan terserah anda, tapi sebaiknya perhatikan kapasitas laptop atau komputer. Proses penginstalan cukup mudah dan cepat bukan? Dengan begitu penggunaan laptop jadi lebih fleksibel. Selamat mencoba.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Linux, Tutorial, Windows