Jenis-Jenis Slot PCI dan Kegunaannya

Apa saja jenis slot PCI yang berjajar pada Motherboard kita? Cara untuk mengetahui spesifikasi motherboard kita bisa dengan cara melihat spesifikasi buku manual yang tertera pada motherboard, atau melihat tulisan yang berada di dekat slot motherboard tersebut untuk mengetahui slot kartu grafis (VGA) pada Motherboard. Dalam berbagai macam versi Motherboard terdapat 4 jenis slot kartu grafis yang berbeda-beda yaitu slot PCI, PCI-E X16, AGP dan PCI-E x1 dengan kegunaan yang berbeda-beda, lalu apakah kegunaan dari slot PCI, PCI-E X16, AGP dan PCI-E x1? Berikut adalah Jenis-Jenis Slot PCI dan Kegunaannya.

Jenis-Jenis Slot PCI dan Pengertiannya
Jenis-Jenis Slot PCI dan Pengertiannya

Slot PCI-E X16

Slot untuk kartu grafis (VGA) PCI-E X16 pada Motherboard mulai digunakan saat motherboard dengan prosesor LGA 775 untuk processor Pentium 4 dan Celeron, sampai sekarang slot kartu grafis ini masih digunakan. Slot PCI-E X16 menggantikan slot AGP untuk kartu grafis PCIe.

Slot AGP

Slot untuk kartu grafis (VGA) AGP yang digunakan motherboard versi lama seperti LGA 478 dan Pentium 3, Slot ini sudah jarang digunakan dikarenakan slot ini digunakan oleh motherboard versi lama (jadul), slot kartu grafis untuk motherboard ini perlahan-lahan ditinggalkan karena perekembangan teknologi hardware yang semakin maju sehingga dipasaran juga sulit untuk ditemukan.

Slot PCI

Slot untuk kartu grafis (VGA) PCI yang digunakan pada motherboard sangatlah multi fungsi, banyak peripheral komputer yang menggunakan slot PCI, tapi untuk slot kartu grafis sudah jarang digunakan, biasanya peripheral yang menggunakan slot PCI ini yaitu sound card, ethernet card, LAN card.

Slot PCI-E X1

Slot PCI-E X1 hampir sama kegunaannya dengan slot PCI, tetapi belum banyak yang menggunakan slot ini, mungkin karena slot ini hanya memiliki 1 jalur: (x1 memiliki 1 lajur), sehingga slot ini lebih sering digunakan untuk perangkat atau device lainnya.

Baru saja dibahas tentang Jenis-Jenis Slot PCI dan Kegunaannya, semoga ulasan tersebut mudah dimengerti.

Pencarian untuk artikel ini:

fungsi slot pci, kegunaan slot, yhs-fh_lsonsw, Jenis slot, macam macam slot dan fungsinya, fungsi pci slot, jenis jenis slot, fungsi PCI, kegunaan pci, versi pci untuk laptop

Berlangganan Via Email

3 thoughts on “Jenis-Jenis Slot PCI dan Kegunaannya

  1. Pingback: Pengertian dan Manfaat PCI | haerulmutakin

  2. Pingback: PCI (Peripheral Component Interconnect) | Annyeong Haseyo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *