Kamera Smartphone Anda Eror? Mungkin Cara Ini Bisa Jadi Solusinya

Kamera smartphone eror adalah salah satu hal yang sangat menyebalkan. Bagaimana tidak, kamera adalah salah satu bahan pertimbangan yang sering sekali dipikirkan oleh orang-orang yang hendak membeli perangkat komunikasi tersebut, terutama orang-orang yang gemar sekali dengan aktifitas fotografi.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kamera pada smartphone eror, dua diantaranya adalah karena jatuh dan karena upgrade sistem operasi. Lalu, adakah cara untuk mengatasi kamera yang sedang tidak berfungsi ini? Jawabannya adalah ada dan akan dijelaskan dalam uraian berikut ini.

Cara Mengatasi Kamera Smartphone Eror

Factory Reset

Cara yang pertama ialah dengan melakukan Factory Reset atau yang dalam istilah Bahasa Indonesia disebut dengan mengembalikan smartphone pada pengaturan awal. Cara ini biasanya cukup efektif namun beresiko. Resikonya adalah berbagai aplikasi yang sudah Anda install akan hilang dan hanya akan menyisakan aplikasi bawaan saja.

Karenanya sebelum Anda melakukan factory reset ini, silahkan backup data Anda terlebih dahulu supaya Anda bisa dengan mudah mengembalikannya nanti setelah proses selesai. Menu Factory Reset ini terdapat dalam menu Setting atau Pengaturan, dan untuk selanjutnya silahkan Anda jelajahi karena masing-masing smartphone dan generasi sistem operasi biasanya akan berbeda.

Coba untuk Scan dengan Menggunakan Antivirus

Ada kemungkinan kamera eror atau tidak bisa dibuka karena adanya virus yang menginfeksi kamera. Jika memang hal ini yang terjadi, Anda bisa melakukan langkah penyembuhan dengan cara melakukan proses scanning supaya berbagai virus tersebut dapat terhapus. Ada cukup banyak aplikasi antivirus, silahkan Anda pilih yang paling sesuai saja.

Menggunakan Aplikasi Kamera yang Lainnya

Apabila kamera yang mengalami kerusakan adalah aplikasi kamera bawaan, Anda bisa mencoba alternatif yang satu ini, yaitu dengan install aplikasi kamera yang lainnya seperti Camera 360.

Anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut melalui Google Play Store kemudian silahkan Anda pasang dan cobalah untuk menggunakannya. Apabila memang bisa, maka bisa ditarik kesimpulan bahwasanya memang aplikasi kamera bawaan Anda yang benar-benar rusak.

Cobalah Hentikan Kemudian Hapus Data Aplikasi

Cara lain yang bisa Anda tempuh apabila kamera smartphone rusak adalah dengan menghentikan serta menghapus data aplikasi terkait. Sama seperti cara-cara yang sebelumnya, cara ini termasuk ampuh terutama jika diterapkan pada aplikasi kamera yang bawaan.

Hal ini dikarenakan dengan menghapus data aplikasi dapat membersihkan berbagai data yang tersimpan seperti setting, basis data, history, cache dan lain-lainnya. Untuk melakukannya Anda bisa membuka menu Setting atau Pengaturan terlebih dahulu, setelah itu cari Aplikasi atau Penyimpanan. Untuk selanjutnya Anda bisa menyesuaikan nya dengan smartphone Anda masing-masing.

Itu dia berbagai cara yang dapat Anda lakukan apabila kamera yang terdapat pada smartphone Anda eror, rusak atau tidak bisa dibuka. Jika cara-cara tersebut tidak berhasil, Anda bisa melakukan langkah terakhir yakni membuka smartphone lalu cek berbagai komponen yang ada hubungannya dengan kamera. Jika Anda tidak tahu soal ini, sebaiknya serahkan pada teknisi saja.

Bagikan...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter