Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Charger Laptop Cepat Rusak

Charger adalah salah satu alat yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dari laptop. Nilai pentingnya charger ini akan sangat terasa apabila laptop sedang berada dalam kondisi low battery sehingga perlu diisi. Jika kondisi charger normal, tentu baterai laptop akan terisi. Sebaliknya, apabila charger tersebut ternyata tidak normal atau rusak, maka alat ini tidak akan bisa melaksanakan fungsinya dengan baik.

Tentunya charger laptop rusak ini tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan dipicu oleh berbagai kebiasaan buruk, selain usianya yang sudah tua tentunya. Nah, berikut ini ada ulasan singkat mengenai 4 kebiasaan yang dapat membuat charger lekas rusak, antara lain:

5 Hal yang Bisa Membuat Charger Laptop Lekas Rusak

Menggulung Kabel Charger dengan Cara yang Salah

Menggulung kabel charger dengan cara yang salah bisa membuat charger tersebut cepat rusak. Karenanya, Anda harus memperhatikan hal ini dengan baik supaya charger Anda bisa awet dan tahan lama. Mengenai cara menggulung kabel yang benar ini sebenarnya sudah ditunjukkan oleh produsen laptop itu sendiri.

Pada saat awal membeli, Anda pasti melihat bahwasanya kabel charger sedang dalam kondisi yang digulung dengan rapi bukan? Nah, Anda bisa mengikuti pola gulungan tersebut saat hendak menggulung kembali charger yang telah digunakan. Sangat tidak disarankan untuk Anda asal menggulung kabel karena hal ini bisa berakibat buruk pada charger itu sendiri.

Menarik Kabel saat Akan Dilepas dari Stop kontak

Ini juga merupakan kebiasaan buruk yang bisa membuat charger lekas rusak. Menarik kabel saat hendak dilepas dari stop kontak bisa menyebabkan bagian dalam kabel lekas putus. Cara yang benar adalah peganglah bagian kepala kabel lalu tarik kepala tersebut dari stop kontak. Ini adalah cara yang paling dasar untuk menghindarkan charger dari kerusakan.

Membiarkan Charger Tersambung ke Laptop Secara Terus Menerus

Hal ini biasanya dilakukan oleh para pemilik laptop yang baterainya bocor. Perlu diketahui bahwasanya ini juga merupakan kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan charger tidak tahan lama. Mengapa? Karena charger yang dibiarkan tersambung ke laptop secara terus menerus bisa membuatnya, terutama adaptor lekas panas.

Makanya, sesibuk dan seserius apapun Anda bekerja, selalu pantau kondisi baterai laptop Anda saat Anda mengisinya. Segera cabut charger apabila baterai sudah menunjukkan indikasi penuh 100%. Jangan dibiarkan begitu saja karena sekali lagi, ini bisa membuat charger menjadi lekas panas. Parahnya lagi, bukan hanya charger saja yang bisa mengalami kerusakan, tetapi baterainya juga.

Asal Menggunakan Charger

Anda harus tahu bahwasanya masing-masing laptop itu sengaja dibuat berbeda. Hal ini juga berlaku bagi charger-nya. Jadi, apabila Anda menemukan kondisi laptop teman Anda sedang dalam kondisi low battery, sebaiknya jangan pinjamkan charger Anda walaupun charger Anda mempunyai tegangan output yang sama dengan charger laptop teman Anda.

Kecuali jika memang charger tersebut bisa dipakai untuk beberapa seri merk laptop sekaligus. Ambil contoh mudah saja merk Compaq dan HP. Compaq dan HP ini masih satu perusahaan, sehingga jika laptop Anda adalah Compaq dan laptop teman Anda adalah HP, Anda masih diperbolehkan untuk meminjamkannya.

Meletakkan Charger Sembarangan

Kebiasaan meletakkan charger secara sembarangan juga adalah perbuatan yang tidak baik. Apalagi jika Anda membiarkannya berserakan di lantai. Apabila kabel charger tersebut terinjak, pada beberapa kesempatan ini bisa membuat charger eror dan rusak Jadi sebaiknya Anda simpan charger tersebut di tempat yang aman, kering dan tidak lembab.

Itulah 4 kebiasaan yang bisa membuat charger laptop menjadi lekas rusak. Sebaiknya Anda hindari berbagai kebiasaan tersebut sehingga Anda tidak perlu membeli charger laptop baru.