Kenali 6 Jenis CCTV Sebagai Keamanan Rumah

Pentingnya keamanan rumah membuat banyak orang menggunakan dan mempercayai CCTV. Dengan hadirnya kamera keamanan ini pemilik rumah merasa nyaman meninggalkan tempat hunian tersebut. Selain bisa memantau kondisi rumah dengan detail, saat ini kamera keamanan bisa diakses menggunakan smartphone kapan saja dan dimana saja meski pemilik sedang di luar kota.

Jenis-jenis CCTV Canggih yang Perlu Anda Tahu

Kamera CCTV PTZ

Kamera dari singkatan Pan Tilt Zoom ini mempunyai arti masing-masing. Pan untuk kemampuan kamera bergerak ke arah kanan dan kiri, Tilt bergerak ke atas bawah dan zoom untuk memperbesar gambar berkali lipat. Jenis kamera ini biasa digunakan untuk mengawasi area yang luas seperti tempat parkir outdoor, bandara, lapangan dan lain sebagainya.

Kamera CCTV Dome

Jenis kamera yang biasa digunakan di dalam ruangan ini memiliki bentuk seperti kubah. Bentuk kubah ini untuk mengecoh orang agar tidak mengetahui arah kamera dan letak kamera juga tak kasat mata. Dari jauh tidak akan terlihat arah sudut kamera, tidak heran banyak yang menggunakan jenis kamera ini. Kamera berjenis fix ini mengarah hanya pada satu sudut namun bisa menjangkau area yang luas.

Kamera CCTV Bullet

Kamera CCTV ini memiliki kesamaan lensa dengan kamera dome. Yang membuatnya berbeda adalah bentuknya. Bentuk kamera ini disesuaikan dengan kondisi di luar rumah dan tahan air. Penempatan kamera jenis ini biasanya di langit-langit atau di dinding. Fitur pan tilt zoom tidak dimilikinya, karena kamera ini bertujuan untuk memantau suatu area dengan terus menerus.

Kamera CCTV Box

Kamera jenis ini hanya bisa diposisikan bada bidang dengan tipe vertikal. Agar gambar yang dihasilkan jelas harus menempatkan kamera ini dengan pencahayaan yang cukup. Keunggulan kamera ini dilengkapi dengan fitur infrared, jika ingin meletakkannya di luar rumah perlu tambahan housing kamera.

Kamera CCTV Board

Bentuk dari kamera ini terbilang unik karena tidak memiliki casing. Kamera keamanan ini biasanya digunakan pada drone atau robot. Selain itu jenis kamera ini juga biasa digunakan sebagai aplikasi teleconference. Tersedia berbagai macam resolusi tergantung dari lensa yang digunakan.

Kamera CCTV Day and Night

Dilihat sekilas bentuk kamera keamanan ini besar dan berat, karena terdapat 3 kepala. 1 kepala untuk penempatan kamera dan 2 kepala untuk pencahayaan. Kamera jenis ini cocok digunakan untuk kondisi apa saja, ruangan dengan pencahayaan berlebih, pencahayaan sedikit atau ruangan tanpa adanya pencahayaan sama sekali (gelap gulita).

Banyak sekali jenis kamera keamanan yang bisa Anda pilih. Sesuaikan untuk kebutuhan Anda, antara rumah dan perusahaan tentu membutuhkan kamera keamanan dengan spesifikasi berbeda. Beli kamera keamanan di agen-agen resmi, karena saat ini banyak sekali terjual barang KW atau palsu. Jangan sampai tertipu membeli CCTV dan membuat rumah kehilangan keamanan.

Bagikan...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter