Ketahui Efek Tidur dengan Smartphone

Kebutuhan akan smartphone membuat kita senantiasa meletakkan smartphone dekat tubuh kita sesering mungkin. Bahkan beberapa orang meletakkan smartphone mereka ketika sedang tidur. Menggunakan smartphone terkadang membuat kita menjadi tergantung pada benda tersebut.

Sehingga, terkadang beberapa orang tidak bisa betah berjauhan dengan smartphonenya karena berbagai alasan. Padahal, terlalu berlama-lama dengan smartphone adalah hal yang kurang bagus untuk tubuh, pasalnya smartphone sebenenarnya juga memiliki gelombang radiasi yang bahaya untuk tubuh.

Apalagi, beberapa penelitian menyatakan bahwa radiasi pada smartphone dapat mengakibatkan efek pengrusakan pada otak, terutama ketika meletakkannya disamping tempat kita tertidur. Apa sajakah efek smartphone yang dapat menyebabkan gangguan pada tubuh kita?

Efek Tidur dengan Smartphone

Pengaruh Pada Tubuh Karena Meletakkan Smartphone Dekat Tubuh

Meletakkan smartphone dekat tubuh dapat memberikan efek pemicu kanker otak pada manusia. Radiasi yang berbentuk gelombang merambat melalui udara dapat menganggu fungsi otak jika smartphone diletakkan di dekat kepala ketika sedang tidur. Selain itu juga dapat menyebabkan gangguan tidur.

Sulit tidur dan rasa tidak enak pada saat bangun disebabkan smartphone yang anda letakkan dekat dengan anda ketika di tempat tidur. Sehingga, otot pada tubuh tubuh menjadi terganggu karena adanya gelombang radiasi.  Hal ini akan secara tak langsung akan berdampak pada metabolism e tubuh.

Selain itu, dapat menyebabkan gangguan pada fungsi penglihatan  karena cahaya pada smartphone terkadang menyilaukan. Selain itu, dapat menimbulkan keriput pada wajah anda. Hal ini bisa disebabkan oleh pancaran gelombang radiasi yang menyentuh permukaan kulit.

Menghindari Efek Peletakkan Smartphone Dekat Tubuh

Untuk itu, pastikan anda tidak 24 jam penuh mendekap benda berteknologi canggih ini. Terutama ketika hendak tidur atau saat anda berada pada tempat tidur. Ketika tidur, gelombang radiasi yang terpancar dari smartphone bisa memicu otot di dalam tubuh untuk tetap bekerja.

Ada baiknya anda memberikan batasan pada penggunaan smartphone anda. Paling tidak, jauhkan smartphone ini apabila sudah menjelang malam hari. Bahkan,ada baiknya anda mematikan smartphone ketika malam hari hendak pergi tidur.

Jika tidak, anda bisa merubah mode pada smartphone anda menjadi mode ‘airplane mode’ atau disebut dengan mode pesawat. Mematikan paket data pada smartphone juga akan mengurangi pancaran gelombang radiasi. Hal ini agar saat meletakkan smartphone dekat tubuh tidak akan berdampak buruk.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Gadget