Lepas Ketergantungan Kamu pada Smartphone, Ini Tips nya

Smartphone, smartphone smartphone.. Hal ini dapat membuat semua orang tunduk kepala memfokuskan pada layar 4″ – 6″, tentunya fenomena ini banyak mengakibatkan orang ketergantungan pada smartphone nya. Menurut laporan tahunan Internet Trend oleh Kleiner Perkins Caufield & Byer’s, mengecek smartphonenya rata-rata 150 kali per hari.

Tentunya hal ini tidak baik, di jaman yang serba modern ini seharusnya kita manusia yang memanfaatkan smartphone tapi malah sebaliknya smartphone yang menguasai kita. Biasa nya orang yang addict pada perangkat ini akan panik jika baterai nya sudah habis dan charger nya tidak ketemu. Lalu bagaimana sih cara melepas ketergantungan pada smartphone? Berikut tipsnya!

Lepas Ketergantungan Kamu pada Smartphone, Ini Tips nya

1. Jangan Terlalu Sering Update di Sosial Media

Kebanyakan anak muda atau orang yang kurang perhatian menghabiskan waktunya di smartphone dengan mengakses di sosial media, malah kini aplikasi chat jadi tempat nya update status karena disuguhkan fitur timeline. Secara sadar saat kita baru saja update status, tentunya kebanyakan orang menunggu respon atau komentar mengenai status nya, hal ini sangat mengakibatkan kamu bergantung dengan smartphone.

2. Gunakan Aplikasi Pengingat

Sudah banyak berbagai macam model aplikasi sebagai pengingat bahwa kamu terlalu lama menggunakan smartphone, seperti BreakFree Cell Phone Addiction atau Offtime. Aplikasi pengingat kecanduan smartphone ini sangat efektif jika kamu menuruti apa yang disarankan aplikasi tersebut, seperti jika kamu sudah terlalu lama main game maka aplikasi ini akan mengingatkannya.

3. Atur Jadwal Pemakaian

Kamu bisa mengatur jadwal pemakaian pada smartphone kamu, misalkan jangan membuka smartphone kamu pada jam kerja, pada quality time dengan keluarga atau kerabat. Pastikan juga kamu mematuhi aturan yang sudah kamu tetapkan ini.

4. Batasi Percakapan

Saat kamu sedang chat atau telepon dengan seseorang batasi waktu percakapan tersebut, misalkan 15 menit saja, jika melewati 15 menit maka sudah saat nya mengakhiri percakapan tersebut dengan alasan yang bisa kamu buat dan sopan. “Bro, gw masak indomie dulu ya, abis itu ke wc, abis itu mau gym, abis itu ke bioskop abis itu pulang trus tidur”.

5. Sibukkan Dirimu

Orang yang kebanyakan addict smartphone yaitu antara tidak ada kerjaan atau memang kerjaannya di sana. Seperti sales bisnis online tentunya menggunakan smartphone sebagai alat kerjanya, atau sosial media buzzer memanfaatkan sosial media sebagai senajatanya. Kalau kamu hanya memanfaatkan smartphone sebagai ajang tenar sesaat saja, baiknya kamu manfaatkan dengan baik smartphone kamu, sayang kan smartphone mahal, kouta mahal digunakan untuk hal yang kurang atau bahkan tidak bermanfaat.

Itu tadi beberapa tips mengatasi ketergantungan atau kecanduan pada smartphone, tentunya hal tersebut berasal dari diri kamu sendiri bagaimana mengatur pola hidup yang baik. Semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



Gadget, Tips dan Trik