Macam-Macam Software Akuntasi

Membuat neraca keuangan di buku sekarang sudah bukan zamannya lagi. Di era serba komputer ini tersedia software khusus untuk membantu neraca keuangan anda, yaitu software akuntasi. Kegunaannya cukup luas selain untuk membuat neraca, juga untuk mendokumentasikan berbagai data keuangan. Tentu menyimpan dokumen keuangan di komputer jauh lebih mudah dibandingkan harus membawa buku tebal kemana-mana. Selain itu, dengan mengerjakan neraca di komputer akan mudah di copy tanpa menulis berulang kali. Pembenaran atas kesalahan yang tidak sengaja dilakukan pun juga lebih mudah. Apa saja software untuk akuntasi ini?

 

MYOB

myob

Software buatan luar negeri yang juga digunakan di Indonesia ini memiliki beberapa kekurangan; tidak bisa dimodifikasi sehingga terkesan kaku dan kurang fleksibel, tidak dilengkapi dengan aturan perpajakan Indonesia sehingga harus melakukannya di luar software bila memang dibutuhkan. Kelebihan yang dimiliki software ini adalah mudah digunakan, tidak perlu pengetahuan akuntansi dan IT tingkat tinggi, pengelompokan data, serta murah.

Omega Accounting

Omega Accounting

Software ini mudah dan ringan serta mendukung segala keperluan wirausaha anda seperti penjualan, distribusi, pembelian, membuat manajemen serta produksi. Software ini membuat pekerjaan para pengusaha dan akuntan menjadi lebih ringan. Keunggulan lainnya adalah software ini didukung teknologi enkripsi lintas nusa yang dapat menghubungkan data akutansi dari berbagai wilayah nusantara.

Microsoft office accounting express (MOAE)

Keunggulan dari software ini adalah laporan bisa dikerjakan oleh siapapun tanpa pengetahuan akuntansi yang mendalam. Cukup dengan memasukkan fraktur, cek, atau nota saja sudah dapat keluar laporan sendiri. Selain itu, MOAE juga menyediakan fasilitas untuk data klien. Sayangnya, software ini tidak menyediakan layanan perpajakan yang ada di Indonesia sehingga pengguna terkadang merasa kesulitan. Namun sangat disayangkan

Accurate Accounting

Software yang satu ini cocok untuk pemilik UKM karena sangat mudah dan praktis. Standart akutansinya juga bersifat local seperti yang ada di Indonesia sehingga mudah dalam mengerjakan. Nilai transaksinya sangat luas hingga 920 trilliun. Sayangnya harga accurate accounting tergolong mahal dibandingkan dengan software yang lainnya.

Itu tadi beberapa software akunting yang bisa Anda gunakan dalam membantu penghitungan neraca keuangan Anda. dari beberapa macam-macam software akuntansi di atas, software mana yang jadi pilihan Anda?

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Software