Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Berlama-lama di Depan Layar Monitor

Memandang lama layar monitor yang menjadi keseharian para pekerja kantoran memang bukanlah sesuatu hal yang berdampak baik. Apalagi jika dihubungkan dengan kesehatan, maka akan sangat riskan terkena penyakit pada khususnya bagian mata. Hal yang paling umum terjadi pada kalangan pengguna perangkat laptop/komputer adalah gangguan terhadap mata yang lelah. Ini disebabkan oleh lamanya mata kita memandang layar monitor, bukan hanya 1 atau 2 jam namun kerapkali hingga mencapai 8 jam untuk seorang pekerja/karyawan yang mengharuskan untuk bekerja menggunakan perangkat komputer/laptop.

Sehubungan dengan hal itu, tentu jika dibiarkan lama-kelamaan akan berdampak buruk. Bukan hanya mata yang lelah, akan tetapi anggota tubuh lainnya juga akan mengikuti. Namun demikian, Anda tak perlu khawatir. Di sini akan dipaparkan secara lugas bagaimana cara mengatasi mata lelah akibat lama di depan layar monitor. Untuk itu langsung saja kita simak bersama ulasan singkatnya berikut ini.

Kelelahan Mata Akibat Layar Monitor
Kelelahan Mata Akibat Layar Monitor

Pertama, istirahatkan mata Anda selama beberapa menit setiap kali memandang layar monitor selama 1 jam. Artinya, selang 1 jam Anda disarankan untuk berhenti memandang layar selama beberapa menit. Lebih bagusnya, Anda memandang pemandangan yang asri, atau yang khas dengan warna hijau. Ini akan membuat mata Anda menjadi lebih fresh.

Kedua, mengatur pencahayaan pada layar monitor juga sangat penting dilakukan. Usahakan untuk tidak terlalu kontras saat mengoperasikan komputer/laptop. Atur sedemikian rupa, kalau bisa sesuai dengan pencahayaan yang ada dalam ruangan Anda ketika berhadapan dengan layar monitor. Ini akan menyehatkan mata Anda, dan menghindari terjadinya mata lelah akibat berlama-lama di depan layar monitor.

Ketiga, menambahkan aksesoris tambahan berupa layar khusus yang telah diciptakan sebagai penangkal radiasi layar monitor. Ini berfungsi mencegah adanya radiasi perangkat komputer/laptop terhadap mata Anda. Dengan demikian, mata lelah akibat berlama-lama di depan komputer/laptop akan mudah teratasi. Pun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi aksesoris tambahan ini sangat cocok untuk Anda sebagai pekerja yang kesehariannya harus berinteraksi dengan perangkat komputer/laptop.

Keempat, memakan buah dan sayuran yang mengandung vitamin A juga sangat penting Anda lakukan. Hal ini bertujuan agar kesehatan mata tetap terjaga. Sebagai contoh, Anda dapat mengonsumsi sayuran wortel atau buah apel. Usahakan untuk setiap hari mengonsumsi buah dan sayuran bervitamin A. Maka kemungkinan besar Anda akan terhindar dari gangguan mata lelah yang disebabkan oleh berbagai aktivitas yang mengharuskan berhubungan dengan perangkat komputer/laptop.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Tips dan Trik