5 Tips Memilih Hosting yang Bagus untuk Blog Pribadi

Memilih hosting yang bagus adalah hal penting yang harus diperhatikan semua blogger. Hosting menjadi paru-paru sebuah blog yang menyimpan seluruh file dari blog tersebut. Apabila kemampuan hosting rendah, baik dari segi kapasitas penyimpanan, kecepatan dan sebagainya; blog juga kurang optimal.

Karena itu, butuh ketelitian tinggi untuk memilih hosting yang baik. Dalam tujuannya, memilih sebuah brand penyedia hosting dengan spesifikasi yang diberikan tentu berbeda. Blog pribadi biasanya tidak membutuhkan spesifikasi tinggi. Ini sama halnya ketika memilih laptop untuk pribadi atau untuk bisnis.

Nah, sebagai gambaran ringkasnya, bangbiw akan bagikan tips bagaimana memilih hosting yang bagus untuk blog pribadi. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Tips memilih hosting untuk blog personal: set budget yang dimiliki

Langkah pertama yang sebaiknya kamu pikirkan terlebih dulu adalah soal budget. Berapa dana yang kamu siapkan untuk dapat membuat blog personal lengkap dengan domain dan hosting. Kalkulasikan dana sesuai dengan kebutuhan dan target yang sudah ditentukan.

Dalam hal ini adalah blog personal, maka dana yang dikeluarkan biasanya tidak terlalu besar. Sebab kebutuhan blog personal tidak sama dengan blog bisnis. Blog personal lebih sederhana baik dari kapasitas maupun kebutuhan lainnya. Namun yang paling penting, tetapkan dulu dana yang ingin kamu keluarkan.

2. Amati review dari pelanggan lama

Cara memilih hosting yang bagus untukmu adalah dengan mengamati review dari pelanggan-pelanggan yang sudah membeli layanan dari hosting tersebut. Amati bagaimana mereka menggunakan layanan yang telah diberikan. Memuaskan, sedang, atau justru mengecewakan?

Sebab review dari pelanggan ini tidak bisa dibuat-buat. Biasanya mereka lebih jujur dalam memberikan review. Karena itu, coba jadikan review dari pelanggan ini sebagai acuan untuk menentukan apakah hosting tersebut memiliki pelayanan yang bagus, spesifikasi hosting yang gahar, serta harga yang terjangkau.

3. Teliti pelayanan yang diberikan

Teliti sebelum membeli. Amati pelayanan apa saja yang mereka tawarkan apaila kamu membeli hosting di penyedia layanan tersebut. Amati bagaimana cara mereka memuaskan para pelanggannya. Apa saja jenis layanan atau bahkan garansi yang diberikan. Seberapa lama mereka bisa membalas pesan-pesan dari pelanggan.

Apabila pelayanan bisa mencapai 24/7, maka sudah dikatakan bahwa hosting tersebut bagus dan providernya baik kualitasnya. Pelayanan lain seperti garansi yang diberikan juga perlu kamu pertimbangkan. Lagi, misalkan mereka memberikan bonus domain gratis apabila kamu membeli hosting.

4. Bandingkan dengan hosting lain

Setelah mengamati beberapa aspek dari provider hingga hostingnya, maka langkah selanjutnya adalah dengan membandingkan provider sekaligus spesifikasi hosting. Bandingkan mulai dari spesifikasi yang diberikan, pelayanan yang diberikan, dan harga yang diberikan kepada para pelanggan.

Bandingkan pula dengan kemampuanmu membeli hosting dan domain. Hal ini berkaitan dengan berapa dana yang kamu miliki untuk menggarap sebuah blog personal. Sebaiknya pilih 2-3 hosting terbaik yang disarankan oleh para blogger. Dan pilihlah sesuai dengan selera, kebutuhan, dan kemampuan.

5. Tentukan provider, kapasitas, dan harga

Langkah terakhir adalah menentukan provider yang bagus. Apabila bangbiw boleh kasih saran, IDwebhost cukup kompeten dalam memberikan pelayanan hosting dan domain. Mereka juga telah memberikan fitur-fitur yang dirasa wajib bagi para blogger. Termasuk fitur SSL yang kini sedang jadi perbincangan.

Kecepatan dan keamanan dalam mengakses sebuah website menjadi isu penting yang tidak boleh dilewatkan. Dan paling penting adalah soal harga. Soal bagaimana budget yang telah ditentukan dapat bertemu dengan provider dan hosting yang sesuai dengan keinginan.

Itu dia tadi sederet hal tentang bagaimana langkah mudah untuk memilih hosting yang bagus untuk blog personal. Teman-teman bisa bandingkan dan teliti sendiri. Sesuaikan juga dengan budget yang teman-teman miliki. Yang paling penting nanti, blog tersebut harus diisi dengan konten yang bermanfaat ya. Selamat mencoba!

Bagikan...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter



, Tips dan Trik