5 Cara Simpel Tapi Efektif untuk Mempercepat Kinerja HP Android

Mempercepat kinerja HP perlu dilakukan agar kita sebagai pengguna juga nyaman dalam menggunakan ponsel. Apalagi jika aktivitas dalam menggunakan ponsel cukup kompleks dan membutuhkan kinerja yang cepat. Seperti misalkan jika harus menggunakan ponsel ketika bekerja sebagai admin media sosial Instagram.

Kinerja HP bisa dipercepat dengan berbagai upaya yang mudah dan simpel. Biasanya, HP android memang terkenal lamban apabila aplikasi yang dipakai cukup banyak dan memakan memori ponsel yang besar. Namun jika kita jeli dan telaten merawat ponsel, hal itu bisa diminimalisir dan bisa dipercepat kinerjanya sehingga akan menunjang aktivitas kita dalam menggunakan ponsel Android.

Kira-kira, hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk mempercepat kinerja HP android? Berikut ulasannya.

1. Mempercepat kinerja HP: Update sistem operasi

Mempercepat Kinerja HP

Cara mempercepat kinerja HP yang pertama adalah dengan memperbaharui sistem operasi. Apabila sistem operasi yang sedang digunakan masih yang versi lama, maka disarankan untuk melakukan update OS. Hal ini untuk menyelaraskan kinerja smartphone dengan pembaruan aplikasi yang sering dilakukan oleh developer.

Cara memperbaharui sistem operasi adalah dengan masuk ke menu Pengaturan > Tentang Perangkat > Pembaharuan Perangkat Lunak > Cek Pembaharuan. Apabila terdapat versi baru, silakan lakukan update OS dengan mengikuti petunjuk yang telah diberikan oleh perangkat Android milik kamu.

2. Gunakan kapasitas memori sebijak mungkin

Mempercepat Kinerja HP

Untuk mempecepat kinerja HP, kamu perlu memperhatikan kapasitas memori yang ada dalam ponselmu. Apabila kapasitas sisa yang ada di dalam ponsel sangatlah sedikit, maka wajar apabila kinerja dan kecepatan proses ponsel kamu menurun alias lamban. Sebab, kapasitas memori ini sangat berpengaruh.

Kapasitas memori yang perlu diperhatikan adalah RAM dan memori internal. Memori internal sebaiknya tidak digunakan secara penuh, yakni berikan sisa berapa GB untuk memberikan ruang bagi memori internal. Atau, solusi lainnya adalah pilih ponsel dengan kapasitas RAM besar (>3GB) dan memori internal >32GB.

3. Bersihkan layar utama

Mempercepat Kinerja HP

Banyaknya aplikasi yang terpampang di layar utama atau home screen ternyata juga mempengaruhi kinerja HP. Membersihkan layar utama dari aplikasi yang sering digunakan ataupun aplikasi yang baru di-install perlu dilakukan secara rutin untuk mempercepat kinerja HP. Pemintas aplikasi pada layar utama inilah yang dibersihkan.

Selain pemintas aplikasi yang terpasang di layar utama, ada kendala lain yang menyebabkan kinerja HP menurun. Yakni, pemakain wallpaper bergerak yang akan memperlambat kinerja serta memberi beban berlebih pada sistem. Gunakan wallpaper sederhana untuk meningkatkan kinerja ponsel Android kamu.

4. Buang aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan

Mempercepat Kinerja HP

Aplikasi baru yang bertebaran di Google Play Store memang kerapkali membuat kita tergoda dan meng-installnya meski tidak butuh-butuh amat. Hal ini bukan berdampak bagus namun justru sebaliknya. Ponsel akan dipenuhi oleh file dan aplikasi yang banyak tersebut dan menurunkan kinerja ponsel.

Karena itulah, pilah dan seleksi aplikasi apa saja yang memang benar-benar kamu butuhkan, dan mana yang tidak. Sebab jika diteruskan, maka kinerja HP akan semakin lambat dan kamu pun juga merasa jengkel, bukan?

5. Jika memang perlu, lakukan factory reset

Mempercepat Kinerja HP

Factory reset cukup efektif untuk mempercepat kinerja HP. Karena factory reset akan memulihkan HP kamu sebagaimana mestinya, seperti dulu waktu kamu pertama beli. Factory reset bertujuan untuk mereset HP kamu dan file-file di dalamnya pun ikut ke-reset alias terhapus.

Karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk factory reset, alangkah baiknya kalau kamu mem-back up data-data yang penting dalam HP kamu. Karena jika tidak, maka kamu harus merelakan seluruh data-data itu terhapus dan tidak dapat dikembalikan. So, hati-hati sebelum melakukan factory reset ya!

Nah, itu dia sederet ulasan tentang bagaimana cara mudah untuk mempercepat kinerja HP agar tidak lemot. Apabila kita jeli dan telaten dalam merawat ponsel, baik mengatur penggunaan maupun aplikasi apa saja yang diinstall, kinerja ponsel bisa dipercepat dan ditingkatkan lagi. Semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter



, Tips dan Trik