5 Tips Ampuh Mengatasi Kecanduan Bermain Game

Apakah kamu termasuku orang yang sulit keluar dari masalah kecanduan bermain game? Memang sangat sulit dikendalikan. Game sudah diformat seperti itu, untuk membuat pengguna menjadi penasaran dengan tantangan-tantangan yang diberikan di setiap levelnya. Namun jika sudah kebablasan, tidak baik juga.

Sebenarnya ada manfaat dari bermain game yang bisa kita peroleh. Tetapi lagi-lagi, semua hal yang berlebihan di dunia ini, efeknya tentu tidak baik. Begitu pula dengan bermain game baik di ponsel pintar maupun laptop/PC. Semua bisa berakibat negatif apabila dilakukan secara berlebihan.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, bangbiw punya sedikit tips untuk kamu terapkan agar bisa mengatasi kecanduan bermain game. Apa saja kira-kira? Yuk langsung simak saja!

1. Mengatasi kecanduan bermain game: Sadari bahwa terus-terusan bermain game itu kurang baik

Tips Ampuh Mengatasi Kecanduan Bermain Game

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi kecanduan bermain game adalah dengan menyadari bahwa terus-terusan bermain game itu kurang baik. Kebiasaan bermain game membuat kita tidak bisa fokus kepada pekerjaan atau kewajiban. Kebiasaan ini membuat candu dan ogah ditinggalkan.

Hargailah diri kamu sendiri dengan menyadari bahwa segala sesuatu yang berlebihan adalah tidak baik. Bermain game yang terlalu sering sampai lupa waktu juga merupakan sebuah kerugian. Apabila dilakukan terus-terusan, bukan tidak mungkin prioritas yang telah ditentukan malah tidak terkerjakan.

2. Tambahkan hobi lain yang menyenangkan

Tips Ampuh Mengatasi Kecanduan Bermain Game

Menghindari kebiasaan bermain game memang sangat sulit untuk dilakukan. Karena yang namanya kebiasaan, sudah sangat sulit diubah. Apalagi jika kebiasaan yang dilakukan sedari kecil. Butuh proses yang panjang untuk mengubah kebiasaan yang kurang baik kepada kebiasaan yang lebih baik.

Karena itu, yang perlu dilakukan ialah bukan menghindari, tetapi mengalihkan. Sama ketika sedang putus dari pacar, yang dilakukan adalah mengalihkan ke hal-hal yang membuat kita lupa. Yakni dengan berkumpul bersama sahabat, menjalani hobi baru, traveling, dan hal positif yang lain.

3. Komitmen pada dirimu sendiri

Tips Ampuh Mengatasi Kecanduan Bermain Game

Komitmen adalah harga mati jika kamu ingin berhasil dalam segala hal. Konsistensi dalam menjalani sebuah perubahan butuh dilakukan hingga ada kata berhasil. Konsisten dan tidak peduli seberapa lama dan sebetapa berat yang akan dilalui, kita tetap terus melakukan apa yang harus dilakukan, hingga berhasil.

Memegang komitmen untuk memutus kecanduan bermain game adalah hal mutlak. Sadari komitmen itu dengan menggunakan aturan-aturan yang kamu buat sendiri dan biasakan untuk disiplin serta menaatinya. Jangan sampai kamu melanggar peraturan yang telah kamu buat sendiri ya.

4. Manfaatkan aplikasi timer

Tips Ampuh Mengatasi Kecanduan Bermain Game

Apabila memang kamu belum bisa keluar dari kebiasaan bermain game, maka cobalah trik yang satu ini. Yakni dengan memanfaatkan aplikasi timer. Cobalah buat waktu yang singkat dan tidak berlama-lama, menggunakan timer. Tentukan waktu yang ingin kamu habiskan untuk bermain game.

Apabila waktunya sudah lewat, kamu harus segera hentikan dan cari aktivitas lain atau lakukan kewajibanmu. Hal ini cukup efektif. Karena termasuk dalam membuat aturan yang harus ditaati. Apabila kamu melanggar, maka hilanglah komitmen yang sudah kamu buat sedari awal. Jangan rusak komitmen ini ya.

5. Buat jadwal khusus untuk bermain game

Tips Ampuh Mengatasi Kecanduan Bermain Game

Kalau nanti sudah terbiasa mengalihkan kebiasaan dari yang bermain game melulu menjadi sesekali, kini kamu bisa buat jadwal sendiri. Buatlah jadwal di akhir pekan. Jadwal hari kerja hanya untuk bekerja atau kuliah bagi yang mahasiswa, kemudian di akhir pekan bisa kamu habiskan untuk bermain game sepuasnya.

Jadwal khusus ini cukup efektif untuk mengendalikan kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan di hari Senin sampai Jumat. Kemudian di hari Sabtu dan Minggu khusus untuk bermain-main dan membuat otak kembali fresh setelah 5 hari suntuk bekerja dan berpacu dengan deadline.

Itu dia tadi kelima tips yang bisa bangbiw bagikan kepada teman-teman semua, terkait dengan cara mudah mengatasi kecanduan bermain game baik di ponsel pintar maupun laptop atau komputer. Semoga bisa diterapkan dengan konsisten dan kecanduannya bisa sembuh ya. Selamat berjuang!

Bagikan...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter



Tips dan Trik