Mengatasi Komputer Hidup Sendiri Setelah Shutdown

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi peyebab Mengatasi Komputer Hidup Sendiri Setelah Shutdown, jangan takut dulu, bukan karena ada hantu atau hal mistis lainnya, tetapi ada penjelasan logis yang dapat menyebabkan komputer hidup sendiri setelah dimatikan. Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut.

venomrx

Mengatasi Komputer Hidup Sendiri Setelah Shutdown

Periksa Power Supply

Penyebab pertama bisa jadi karena Power Supply, jika ada Power Pupply cadangan dan masih bagus, tuker Power Supply Anda yang lama dengan Power Supply cadangan Anda. Jika komputer masih nyala dengan sendirinya lakukan percobaan berikutnya:

Periksa Kabel Power SW

kabel power komputer
Sumber image: _zamto.blogspot.com

Cek apakah kabel Power SW yang terhubung pada casing ke Motherboard Anda, periksa seluruh kabel yang yang mengarah dari casing ke Motherboard apakah ada kabel yang bengkok atau tidak. Periksa juga kotak kabel Power SW Anda, apakah masih bagus atau rusak?

Jika kabel / kotak Power SW rusak lepas colokan dari Motherboard, lalu nyalakan komputer dengan menggunakan obeng (atau besi kecil), caranya arahkan obeng ke besi Motherboard tempat Power SW terpasang.  Jika komputer masih nyala dengan sendirinya lakukan percobaan berikutnya:

Cek Bios

Cek bios pada komputer Anda, cara masuk ke bios, lalu lihat pengaturan Power Management Setup, dalam pengaturan ini Anda bisa mengatur sistem power untuk monitor, hard disk, dll. Jika terdapat settingan yang menurut Anda tidak sesuai silahkan diganti dengan settingan yang menurut Anda benar. Atau jika tidak ingin pusing Anda dapat kembali ke settingan bios ke settingan default.

Penyebab lainnya:

  • Terjadi konslet di Motherboard, atau biasanya tidak ada karet yang membatasi antara baut motherboard dan casing komputer
  • Jika tombol power pada casing setrum, mungkin masalah Grounding. Sebaiknya buat Grounding manual, caranya tempel kabel ke casing lalu lilit kabel ke paku ke lantai
  • VGA atau RAM kendor atau terubah posisinya. Lepas pasang lagi VGA dan RAM Anda, lalu kencengkan sehingga tidak kendor
  • Komputer Anda ada hantunya :D.

Jika cara di atas masih tidak mempan (mungkin hantunya terlalu kuat) Sebaiknya coba dibawa ke service komputer supaya bisa dicek komponen hardware nya satu-persatu. Nah itu tadi Tutorial Mengatasi Komputer Hidup Sendiri Setelah Shutdown. Semoga dapat membantu Anda mengatasi masalah komputer hidup sendiri

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware, Tutorial