Mengembangkan Kemampuan dalam Komunikasi

Setiap hubungan dibutuhkan kemampuan dalam komunikasi, entah itu hubungan dengan partner bisnis, client, dosen, teman dan keluarga. Komunikasi itu penting dalam membina hubungan. Orang mememiliki kemampuan dalam komunikasi adalah orang yang mudah bergaul dan beradaptasi dalam lingkungannya.

Perkenalkan nama saya Muhamad Rayhan Dillah kelas 2KA39 yang sedang diberi tugas oleh dosen mata kuliah Teori Organisasi Umum 2 di salah satu universitas swasta Gunadarma. Berikut tulisan tentang Mengembangkan Kemampuan dalam Komunikasi.

Mengembangkan Kemampuan dalam Komunikasi

Pengertian dan Arti Penting Komunikasi

Komunikasi adalah proses  di mana seseorang atau beberapa orang, entah itu kelompok, organisasi dan masyarakat membina hubungan dengan orang lain. Komunikasi yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak, yang dilakukan secara lisan atau verbal.

Apabila tidak dengan bahasa verbal, komunikasi masih bisa dilakukan dengan bahasa non verbal, yaitu gerakan badan, seperti menunjukkan sikap tertentu dengan tersenyum, menggelakan kepala dan mengangkat bahu.

Pentingnya Berkomunikasi

Komunikasi memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia pasti melakukan komunikasi dengan manusia lainnya, hal ini yang dinamakan dengan sosialisasi. Dalam berkomunikasi memiliki etika, seperti saat komunikasi dengan anak kecil, teman sebaya dan orang yang lebih tua, harus perhatikan bagaimana kita memposisikan diri sedang dengan siapa kita berkomunikasi.

Manusia berkomunikasi untuk berinteraksi dengan manusia lainnya, untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Melalui komunikasi sikap dan perasaan orang dapat dipahami oleh pihak lain, asalkan komunikasi yang disampaikan dapat ditafsirkan oleh penerima komunikasi tersebut.

Jenis Komunikasi

Komunikasi dapat berupa interaktif, komunikasi transaktif , komunikasi bertujuan, atau komunikasi tak bertujuan. Komunikasi memiliki dua jenis, yaitu komunikasi lisan dan komunikasi tulisan.

Komunikasi Lisan

Komunikasi lisan adalah komunikasi antara dua pihak atau lebih secara langsung dengan bertatap muka tanpa adanya jarak atau batas yang menghalangi proses komunikasi. Komunikasi lisan terjadi saat sedang saling berbicara atau berdialog, wawancara, rapat, berpidato, dan hal lainnya yang menciptakan komunikasi secara langsung.

Komunikasi Tulisan

Sedangkan komunikasi tulisan adalah kominikasi yang tanpa addanya pembicaraan secara langsung dan dilakukan dengan perantaraan tulisan. Komunikasi tulisan menggunakan bahasa yang lebih singkat, jelas, dan mudah dimengerti oleh penerima. Komunikasi tulisan terjadi saat surat menyurat, sms, surat elektronik (e-mail), dan hal lain yang menggunakan tulisan dalam berkomunikasi.

Proses Komunikasi

Seperti yang dilansir wikipedia, tahapan proses komunikasi adalah sebagai berikut :

Proses Komunikasi

  • Penginterprestasian, hal yang diinterpretasikan adalah motif komunikasi, terjadi dalam diri komunikator. Artinya, proses komunikasi tahap pertama bermula sejak motif komunikasi muncul hingga akal budi komunikator berhasil menginterpretasikan apa yang ia pikir dan rasakan ke dalam pesan (masih abstrak). Proses penerjemahan motif komunikasi ke dalam pesan disebut interpreting.
  • Penyandian, pada tahap ini masih ada dalam komunikator dari pesan yang bersifat abstrak berhasil diwujudkan oleh akal budi manusia ke dalam lambang komunikasi. Tahap ini disebut encoding, akal budi manusia berfungsi sebagai encorder, alat penyandi: mengubah pesan abstrak menjadi konkret.
  • Pengiriman, proses ini terjadi ketika komunikator melakukan tindakan komunikasi, mengirim lambang komunikasi dengan peralatan jasmaniah yang disebut transmitter, alat pengirim pesan.
  • Perjalanan, pada tahapan ini terjadi antara komunikator dan komunikan, sejak pesan dikirim hingga pesan diterima oleh komunikan.
  • Penerimaan, pada tahapan ini ditandai dengan diterimanya lambang komunikasi melalui peralatan jasmaniah komunikan.
  • Penyandian Balik, pada tahap ini terjadi pada diri komunikan sejak lambang komunikasi diterima melalui peralatan yang berfungsi sebagai receiver hingga akal budinya berhasil menguraikannya (decoding).
  • Penginterpretasian, pada tahap ini terjadi pada komunikan, sejak lambang komunikasi berhasil diurai kan dalam bentuk pesan.

Media yang digunakan untuk penyampai pesan dari komunikator ke komunikan pengiriminan pesan dan penerimaan pesan yang disampaikan yang diterjemahkan isi pesan tersebut ke dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh pikah komunikasi tersebut.

Lalu umpan balik atau tanggapan dari pesan komunikasi yang dikirimkan kepada penerima, apakah penemira mengerti atau memahami pesan yang dimaksud oleh si pengirim atau tidak.

Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang efektif. Seperti yang dilansir akuinginsukses terdapat 14 teknik komunkasi. Berikut 14 hal tersebut :

  1. Berikan kesan bahwa anda antusias berbicara dengan mereka
  2. Ajukan pertanyaan tentang minat mereka
  3. Beradaptasi dengan bahasa tubuh dan perasaan mereka
  4. Tunjukkan rasa persetujuan: Katakan kepada mereka apa yang anda kagumi tentang mereka dan mengapa
  5. Dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
  6. Beri mereka kontak mata yang lama
  7. Ungkapkan diri anda sebanyak mungkin
  8. Berikan kesan bahwa anda berdua berada di tim yang sama
  9. Berikan mereka senyuman terbaik anda
  10. Menawarkan saran yang bermanfaat
  11. Beri mereka motivasi
  12. Tampil dengan tingkat energi yang sedikit lebih tinggi dibanding orang lain
  13. Sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan telinga mereka
  14. Tawarkan untuk menjalani hubungan selangkah lebih maju

Dari ke 14 teknik tersebut sudah jelas bagaimana cara melakukan komunikasi yang efektif, tinggal bagaimana kita mempraktekannya dan menjadi orang yang komunikatif saat berinteraksi dengan orang lain.

Implikasi Manajerial dalam Komunikasi

Terdapat hal positif yang akan kita dapatkan saat berkomunikasi berlangsung, seperti menjalinnya interaksi sosial dan kedekatan emosional, memperat/membina persahabatan, dalam menumbuhkan sikap saling percaya, adanya kejelasan, saling terbuka, dan mengurangi adanya kecurigaan atau hal negatif.

Itu tadi tulisan tentang Mengembangkan Kemampuan dalam Komunikasi  dalam aspek pengertian komunikasi, arti penting komunikasi, jenis komunikasi, proses komunikasi, komunikasi efektif dan implikasi manajerial.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Sharing