Mengenal Jenis Malware yang Mengancam Komputer

Komputer anda tidak akan lepas dari berbagai ancaman bahaya. Bukan hanya virus, tapi juga hal-hal lain dari malware yang seringkali tidak diketahui oleh pengguna. Penting untuk mengetahui ancaman komputer agar dapat menghindarinya sehingga komputer anda tetap awet. Simak uraian berikut ini tentang Mengenal Jenis Malware yang Mengancam Komputer untuk info lebih lanjut.

Tips Memilih Antivirus Terbaik

Virus

Pada dasarnya virus bekerja mereplika diri dari satu media atau komputer ke yang lain. akibatnya komputer bisa penuh dan system menjadi rusak. Virus harus berasal dari file executable (exe). Apabila program exe ini dijalankan maka virus akan menyebar ke file yang lainnya dan merusak kestabilan system. Berhati-hatilah dalam mendownload aplikasi di internet atau email yang masuk karena tanpa anda sadari virus tersebut dapat masuk dan menginfektsi. Cara untuk menekan hal ini adalah dengan memasang antivirus.

Trojan Horse

Berbeda dengan virus yang mereplika diri dan mengganggu file, Trojan horse bekerja lebih transparan. Dia akan menyaman sebagai sebuah aplikasi yang super canggih sehingga pengguna menginstalnya. Bila sudah, komputer yang terserang Trojan horse akan dikendalikan dari jarah jauh oleh peretas. Akibatnya anda akan sering kena penjebolan ataau website tertentu yang berhubungan dengan komputer anda jadi runtuh.

Worm

Bila virus hanya merusak file tertentu dalam komputer, worm lebih ganas lagi karena merusak suatu sofrware dengan meningkatkan trafiknya sehingga menjadi lambat. Setelah itu ia juga akan membunuh file agar tidak dapat dibuka. Proses replica worm ini tidak melalui file seperti virus, melainkan menggunakan sebuah jaringan. Worm mampu mereplika dirinya dalam waktu singkat sehingga komputer menjadi lambat. Hal ini sering terjadi pada system komputer yang tidak dipasang antivirus atau jarang mengupgradenya.

Rookit

Keganasan rookit terjadi karena ia aktif menyembunyikan diri sehingga seringkali operator atau pengguna tidak mengetahuinya. Rookit bisa mengeksploitasi kerentanan pad akomputer anda dan mendapatkan hak akses computer tanpa anda ketahui. Bila rookit ini sudah menginfeksi computer anda, ia akan menyerang system operasi, bahkan antiviruspun berhasil dimatikannya karena menyamar menjadi administrator. Maka, cara terbaik bila rookit sudah berulah adalah menginstal ulang system operasi anda.

Itu tadi beberapa jenis malware yang mengancam komputer Anda, malware dapat dihindari dengan perlindungan pada komputer Anda, simak artikel Tips Cara Melindungi Komputer dari Malware untuk melindungi komputer Anda dari malware.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



Software