Mengenal Teknologi NFC, Apa Itu NFC?

Smartphone premium kini sudah dilengkapi dengan fitur NFC, namun tahukah Anda apa itu NFC? NFC adalah kepanjangan dari Near Field Communication yaitu sebuah bentuk komunikasi nirkabel jarak-pendek yang memungkinkan smartphone terhubung dengan smartphone lainnya melalui jaringan radio.

Kegunaan NFC pada Smartphone

Kini smartphone yang sudah dilengkapi fitur NFC dapat digunakan sebagai sarana berbagi data atau sharing file, seperti mengirim foto, video, musik, kontak dan hal lainnya yang bisa dikirim.

Smartphone yang memiliki fitur NFC terdapat simbol NFC pada Notifikasi Bar Android/iOS Anda. Selain itu Anda bisa melihatnya sendiri pada pengaturan smartphone Anda di Settings > Share & Connect. Perlu diketahui tiap2 smarthpone berbeda-beda lokasi NFC nya.

simbol nfc dan settings

 

Banyak yang bilang NFC merupakan teknologi masa depan, karena manfaat nya tidak hanya bisa digunakan sebagai media transfer data saja, tetapi di negara maju NFC digunakan sebagai alat pembayaran kereta bus umum, bensin, bayar parkir dan pembayran lainnya. NFC bekerja seperti MasterCard atau kartu kredit, cara kerjanya hanya tinggal menempelkan Smartphone Anda pada NFC-enabled payment.

Cara Menggunakan NFC

Cara Menggunakan NFC

Saat ingin mensharing file ke smartphone lainnya, pastikan kedua smartphone tersebut sudah mengaktifkan fitur NFC dan Android Beam, smartphone tidak dalam keadaan lock dan harus berdekatan tidak lebih dari 10 cm hingga proses transfer data selesai. Setelah terhubung tap file yang ingin dibagikan dan proses transfer data akan berjalan. Ketika Anda mendengar audio feedback, maka proses transfer data telah selesai.

Itu tadi sekilas mengenai teknologi NFC, apakah smartphone Anda sudah memiliki fitur NFC? Silahkan dicoba.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Berita Teknologi, Gadget