Mengenal Virus pada Android

Virus merupakan suatu hal yang paling dihindari, tidak hanya pada komputer saja, kini virus juga muncul pada handphone bersistem operasi Android. Android yang dikenal sebagai aplikasi open source nya terdapat ratusan ribu lebih aplikasi di playstore yang siap diunduh secara gratis. Namun sayangnya pada aplikasi yang kita unduh sedikit terdapat bahaya yang mengintai. Dan akibatnya handphone sering Hang atau berkurangnya pulsa secara tiba-tiba.

Mengenal Virus Android

Untuk mencegah dan mengetahui tentang virus tersebut, berikut pembahasan tentang macam-macam virus pada Android.

Trojan Obad

Virus Android yang ini bisa dibilang yang paling ganas, karena Kaspersky sebagai Antivirus terbaik dibuat kesusahan oleh virus android yang satu ini. Trojan Obad bisa masuk ke sistem dan menggunakan simbol yang rumit sehingga susah dideteksi. Mesikpun virus yang satu ini bisa dikurangi oleh Kaspersky tapi belum mampu menghilangkan hingga ke akarnya. (Sebaiknya update antivirus Anda secara berkala. Baca juga Tips Menggunakan Antivirus Secara Efektif)

Akibat dari virus Trojan Obad ini pengguna anak kehilangan pulsa dan membuat handphone Hang untuk beberapa saat. Cara kerja Trojan Android tersebut pertama-tama virus ini akan mengarahkan Anda ke situs yang memberikan aplikasi download, setelah file atau aplikasi tersebut terdownload, maka trojan akan beraksi menyerang sistem Anda.

Hipposms Virus

Malware atau virus Hipposms yang satu ini beraksi dengan menyedot pulsa Anda, cara kerjanya yaitu mengambil alih SMS pada handphone Anda dan mengikuti layanan SMS berbayar.  Jika Anda merasa tidak pernah mendaftar layanan SMS terentu dan tiba-tiba menerima SMS berbayar, pelakunya bisa jadi Hipposms ini. Sama seperti sms berbayar lainnya, Anda akan selalu dikirimi SMS berbayar yang akan selalu memotong pulsa Anda.

Meskipun Virus Hipposms ini sudah hilang dari handphone Android Anda tetapi SMS berbayar tersebut selalu datang pada nomor Anda, salah satu caranya mengatasinya ialah dengan membersihkannya dengan antivirus dan mengganti nomor baru.

Virus Android Lainnya

  • Andr/ BBridge- A, pada virus BBridge-A ini,  handphone Anda akan diambil alih hak-nya untuk menginstall aplikasi tambahan tanpa sepengetahuan dan ijin Anda.
  • Andr/ BatteryD- A, virus ini menyerang baterai sehingga baterai handphone Anda cepat habis. Dengan cara mengirimkan lalu lintas data dan mendownload aplikasi tanpa izin, dan spam iklan.
  • Andr/ Dresheep- A, kalau virus yang satu ini menyerang sistem aplikasi sosial media Anda, jika Anda pernah mengalami akun sosial media seperti facebook dan twitter Anda yang update status atau tweet sendiri bisa jadi karena virus ini atau Anda mengijinkan akses aplikasi yang tidak jelas pada akun sosial media Anda

Tips Mencegah Virus di Android:

  1. Berhati-hatilah jika ingin mendownload aplikasi di playstore untuk handphone Android Anda, pastikan Anda memilih developer yang terpercaya, seperti Developer Google atau nama developer terpercaya lainnya.
  2. Matikan Bluetooth handphone Android Anda, karena virus yang ganas bisa menyebar ke mana saja bila Anda selalu mengaktifkan Bluetooth di tempat umum.
  3. Hapus aplikasi yang tidak jelas pada Android Anda. Jika Anda merasa tidak pernah menginstall aplikasi tersebut atau aplikasi tersebut ‘asing’ dan tidak bermanfaat lebih baik untuk menghapusnya.
  4. Pasang Antivirus

Jika tips di atas masih belum ampuh untuk menghilangkan virus pada Android Anda, sebaiknya Anda menginstall ulang OS handphone Anda. Nah itu tadi jenis-jenis Virus pada Android, semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Gadget