5 Trik Gampang untuk Menghemat Daya Baterai HP

Menghemat daya baterai HP tentu bisa dilakukan dengan mudah apabila mengerti caranya. Daya baterai HP yang cepat habis tentu akan sangat menjengkelkan. Apalagi jika habisnya hanya dalam hitungan 2-3 jam, sedangkan mengisinya juga butuh waktu setidaknya 1-2 jam. Hal ini tentu akan membuat kita kesal, bukan?

Namun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena daya baterai HP bisa dihemat dengan cara yang mudah pula. Beberapa trik bisa dilakukan agar daya baterai HP tetap dalam kondisi terbaik dan tidak cepat habis. Bahkan ketika dipakai untuk aktivitas berat, seperti bermain game, bermain sosial media berjam-jam, atau yang lainnya.

Berikut ini adalah 5 trik gampang dan efektif untuk menghemat daya baterai HP yang boleh kamu coba sekarang juga. Cek yuk!

1. Menghemat daya baterai HP: Gunakan aplikasi penghemat

Cara Menghemat Daya Baterai HP

Salah satu upaya menghemat daya baterai HP adalah dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai. Aplikasi ini sudah banyak tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini memiliki fitur untuk menutup seluruh aplikasi yng dijalankan di background. Hal ini cukup membantu untuk meringankan beban mesin HP.

Selain menghapus beberapa file yang tidak berguna dan berpotensi jadi penghambat, aplikasi tersebut juga membantu meningkatkan kinerja HP. Beberapa aplikasi yang boleh kamu oba adalah Battery Booster Lite, DU Battery Saver, Account Sync Profiler, Hibernation Manager, dan banyak lagi.

2. Gunakan aplikasi pembersih

Cara Menghemat Daya Baterai HP

Selain aplikasi penghemat baterai, upaya menghemat daya baterai HP juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi pembersih “sampah”. Sebab, dalam ponsel biasanya terdapat banyak file yang tidak berguna dan berpotensi menjadi sampah. Apabila dibiarkan, kinerja ponsel berpotensi menurun dan menjadi lemot.

File yang biasanya tersimpan secara otomatis di dalam ponsel ialah cookies, cache, hingga file berupa sampah. Jika terlalu banyak dan tidak segera dibersihkan, kinerja ponsel akan menurun dan akan memakan banyak daya baterai sehingga ponsel menjadi lebih lamban dan baterai cepat habis.

3. Berikan waktu istirahat pada HP

Cara Menghemat Daya Baterai HP

Istirahat bukan hanya dibutuhkan oleh makhluk hidup, ponsel pun membutuhkan istirahat. Pemakaian ponsel yang tidak berhenti alias nonstop selama beberapa jam dan beberapa hari, menyebabkan ponsel terlalu keras dalam mengolah informasi dan menjalankan perintah dari input pengguna.

Beberapa aktivitas yang juga membuat ponsel melakukan “kerja keras” adalah streaming YouTube, bermain game berat, serta aktivitas memberatkan yang lainnya. Karena itulah, kamu perlu memberikan waktu istirahat pada ponsel sehingga dapat memperpanjang usia baterai.

4. Matikan HP saat ngecas

Cara Menghemat Daya Baterai HP

Menggunakan ponsel ketika sedang mencharge akan memperpendek usia baterai, dan baterai lebih cepat habis. Biasanya, pengguna banyak yang tetap menggunakan ponsel ketika sedang ngecas. Hal ini tentu akan berakibat tidak baik pada baterai sekaligus ponselnya. Ponsel jadi lamban dan baterai cepat habis.

Karena itu, sembari mengecas, kamu matikan ponselnya. Ini sekaligus sebagai praktek untuk tips nomor tiga, yakni memberikan waktu istirahat pada ponsel yang kita miliki. Sebab selain menghemat, juga menghindarkan kamu dari bahaya. Karena saat sedang ngecas dan dipakai, biasanya hp lebih cepat panas.

5. Gunakan charger & baterai asli

Cara Menghemat Daya Baterai HP

Selalu jaga charger dan baterai asli atau original setiap kali kamu memiliki HP. Dalam menghemat daya baterai, charger sekaligus baterai asli mutlak ada. Sebab jika sudah tidak asli, akan mengakibatkan ketidakcocokan sekaligus memperpendek usia baterai dan menurunkan kinerja ponsel secara keseluruhan.

Sama halnya ketika kamu memiliki motor dan membeli spare part palsu alias bukan aslinya, maka juga akan berdampak tidak baik pada motor yang kamu punya. Karena itu, gunakan charger dan baterai asli. Apabila memang sudah rusak dan terpaksa membeli yang baru, belilah yang asli dari distributor kredibel.

Itulah tadi sejumlah trik mudah yang bisa kamu lakukan sekarang juga agar daya baterai HP kamu bisa hemat dan tidak cepat habis. Apabila trik-trik di atas dilakukan dengan rutin, usia baterai akan lebih panjang dan kondisi HP pun bagus untuk berbagai aktivitas yang kamu inginkan. Semoga bermanfaat ya!

Bagikan...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter



, Sharing, Tips dan Trik