5 Langkah Mudah Mengisi Daya Baterai HP yang Benar dan Aman

Mengisi daya baterai HP di ponsel Android maupun iOS memang butuh trik khusus. Supaya, daya tahannya bagus dan tidak cepat habis. Banyak sekali pengguna yang menyayangkan, ponselnya cepat low batt padahal baru diisi beberapa waktu lalu. Hal ini mungkin disebabkan oleh kesalahan dalam mengecas HP yang sudah jadi kebiasaan sewaktu-waktu.

Mengisi daya baterai HP memang butuh trik khusus yang mungkin belum diketahui. Trik-trik ini tentu akan memperpanjang umur baterai secara jangka panjang. Dan tentu akan berefek bagus untuk baterai HP yang sedang dipakai. Apalagi jika baterai HP tersebut bertipe baterai tanam, sangat dianjurkan untuk merawatnya agar tidak mudah rusak.

Nah, bagaimana langkah mudah mengisi daya baterai HP agar tidak cepat habis? Berikut ulasannya.

1. Mengisi daya baterai hp: Hindari ngecas dari USB laptop

Mengisi Daya Baterai HP

Sebisa mungkin hindari menggunakan USB laptop apabila kamu ingin mengecas HP. Karena selain berbeda perangkat, daya yang terisi juga sedikit. Ketidakcocokan ini bisa mengakibatkan usia baterai memendek, hingga gampang habis. Solusinya, langsung colokkan cas ke stop kontak menggunakan charger asli atau original.

Sebenarnya boleh-boleh saja apabila dalam keadaan yang genting atau darurat. Mengisi daya baterai HP lewat USB laptop maupun komputer memang bisa. Namun, daya yang dialirkan sangat lambat. Aliran Ampere yang berasal dari USB laptop biasanya sangat kecil, sekitar 0,5 A.

2. Hindari memakai power bank terlalu sering

Mengisi Daya Baterai HP

Power bank dirasa cukup populer digunakan oleh pengguna Android, terlebih jika sedang bepergian. Namun seringnya, pengguna kebablasan memakainya setiap hari. Bahkan ketika ngecas menggunakan charger asli masih memungkinkan, pengguna biasanya tetap menggunakan power bank dengan alasan praktis.

Hal ini cukup merugikan ternyata. Sebab, usia baterai bisa memendek dan dayanya menjadi berkurang. Walhasil, baterai HP jadi lebih cepat habis. Karena itu, cukup gunakan power bank apabila benar-benar mendesak dan saat bepergian saja. Mengisi daya baterai HP yang baik, gunakan charger asli dan matikan ponselnya.

3. Ngecaslah pada saat baterai ponsel belum habis

Mengisi Daya Baterai HP

Ternyata, salah satu metode mengisi daya baterai HP yang bagus adalah mengisinya saat baterai belum benar-benar habis. Sebab jika kita mengisinya saat baterai sudah habis alias 0%, maka akan mengurangi usia baterai dan dayanya pun berkurang. Lagi-lagi, berakibat baterai lebih cepat habis.

Rekomendasi yang disarankan adalah ngecaslah pada saat baterai ponsel ada di kisasran 30-40%. Kisaran inilah yang benar-benar bagus untuk mengisi baterai HP. Atau paling minim, cas HP saat kondisinya ada di kisaran 20%. Hindari mengecas di bawah prosentase tersebut karena berpotensi mengurangi daya baterai.

4. Isi dan cabut cas sebelum 100%

Mengisi Daya Baterai HP

Kenapa? Karena sebenarnya, baterai paling ideal ada pada angka 80%. Jika kamu baru mencopot cas ketika sudah full 100%, maka kondisi ponsel akan panas dan itu pun mengurangi usia baterai. Lagi-lagi, baterai HP sangat disarankan untuk berada dalam kondisi yang ideal, tidak full maupun tidak terlalu kosong.

Jadi, saran yang bagus untuk diterapkan adalah mengisi daya baterai HP pada saat baterai berusia 20-40% dan cabut ketika sudah mencapai 80%. Memang agak rewel untuk urusan daya baterai ini. Namun yakinlah, apabila konsisten dilakukan, maka baterai akan berumur panjang dan kinerjanya akan semakin baik.

5. Gunakan charger asli atau original

Mengisi Daya Baterai HP

Hal ini sudah pasti dan tidak boleh dilanggar apabila kamu ingin usia baterai tetap bertahan lama dan tidak cepat rusak. Mengisi daya baterai HP yang benar adalah menggunakan charger asli atau original. Kenapa harus asli? Sebab, selain karena memang dianjurkan dari produsen, jug karena arus daya yang mengalir.

Tidak semua charger memiliki arus 2A, ada yang 1A bahkan 0,5A. Dan sekarang ini, kebanyakan ponsel sudah mensyaratkan arus 2A untuk charger-nya. Karena itulah, disarankan untuk menggunakan charger asli atau original ketika ingin ngecas HP. Bila perlu, cek info voltase dan ampere di kepala charger.

Itu dia tadi sederet ulasan tentang bagaimana cara mengisi daya baterai HP atau yang kita kenal dengan istilah ngecas HP. Ternyata butuh teknik yang benar agar usia baterai HP dapat bertahan lama dan tidak cepat rusak. Hal ini tentu akan memperbagus kinerja HP secara keseluruhan. Semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter



, Tips dan Trik