Pengertian dan Kegunaan dari Perangkat WAN

WAN bertugas menghubungkan beberapa LAN melalui jalur komunikasi dari service provider. Karena jalur komunikasi yang tidak bisa langsung dimasukan ke LAN maka diperlukan beberapa perangkat interface seperti Router, CSU/DSU, Modem , Communication server. Lalu apakah pengertian dan kegunaan dari perangkat interface Router, CSU/DSU, Modem , Communication server? Berikut adalah Pengertian dan Kegunaan dari Perangkat WAN.

Pengertian dan Kegunaan dari Perangkat WAN

Router

Router adalah perangkat jaringan yang aktif dan intelegent dan dapat berpartisipasi dalam menajemen jaringan. Router berfungsi mengatur jaringan dengan menyediakan kontrol dinamis melalui sumber daya dan mendukung tugas dan tujuan dari jaringan. Beberapa tujuan tersebut anatara lain konektivitas, perfomansi yang reliabel, kontrol manajemen dan fleksibilitas.

LAN mengirimkan data ke Router, kemudian router akan menganilsa berdasarkan informasi alamat pada layer. kemudian router akan meneruskan data tersebtu ke interface WAN yang sesuai berdasarkan routing table yang dimilikinya.

CSU/DSU

CSU/DSU adalah sebuah perangkat gabungan dari sebuah Channel Service Unit (CSU) dan Data Service Unit (DSU). Jalur komunikasi membutuhkan sinyal dengan format yang sesuai. Maka untuk jalur digital CSU dan DSU dibutuhkan.

Modem

Modem adalah sebuah perangkat dibutuhkan untuk mempersiapkan data untuk transmisi melalui local loop. Sebuah modem dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog dibandingkan digital. Cara kerja modem mengirim data melalu jalur telepon dengan memodulasi dan demodulasi sinyal, sinyal digital ditumpangkan ke sinyal suara nalog yang dimodulasi untuk ditransmisikan. pada sisi penemira sinyal analaog dikembalikan menjadi sinyal digital atau demodulasi.

Communication Server

Communication Server memiliki beberapa interface analog dan digital serta mampu melayani beberapa user sekaligus, karena communication serer mengkonsentrasikan komunikasi pengguna dial-in dan remote akses ke LAN.

Kesimpulannya perangkat-perangkat dari WAN yaitu Interface Router, CSU/DSU, Modem , Communication Server. Anda baru saja membaca Pengertian dan Kegunaan dari Perangkat WAN.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Internet