Pengertian Efisiensi pada Power Supply

Power Supply merupakan komponen yang paling penting dalam sebuah komputer, tanpa adanya power supply komputer tidak akan pernah menyala, dan sedikit yang tahu akan pengertian efisiensi ini. Berikut Pengertian Efisiensi pada Power Supply.

Pengertian Efisiensi pada Power Supply
Efisiensi pada Power Supply

Efisiensi pada Power Supply adalah rasio antara output yang berguna pada perangkat konversi energi dan input, contohnya jika sebuah komputer memakan daya 250 watt yang terserap dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) adalah 300 watt. jadi efisiensinya sekitar 83%, efisiensi akan terasa pada rekening tagihan listrik maka makin tinggi efisiensi, komputer kalian akan menyerap daya yang lebih kecil.

Contoh:
Power Supply 400 watt A efisiensi pada daya 200 watt adalah 75%
Power Supply 400 watt B efisiensi pada daya 200 watt adalah 83%

Efisiensi adalah berapa daya yang diambil dari listrik rumah kita (AC) untuk mengeluarkan jumlah output di Power Supply (DC). Cara hitung efisiensi adalah jumlah daya yang dipakai PSU dibagi dengan persentase efisiensi, mari kita hitung:

Power Supply A 200 watt / 75% = 266W
Power Supply B 200 watt / 83% = 240W

Jadi kesimpulannya Power Supply B lebih hemat listrik, karena untuk output 200 watt daya listrik yang diambil dari rumah kita adalah 240 watt, dimana Power Supply A untuk output daya 200 watt membutuhkan daya 266 watt.

Demikian ulasan di atas dibahas, semoga pengetahuan Efisiensi pada Power Supply anda bertambah. Baca juga Jenis-Jenis Power Supply, Modular dan Non Modular.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware