Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lambat atau lemot

Penyebab dan cara mengatasi laptop lambat atau lemot kerapkali ditelusuri oleh mereka yang tidak tahu menahu mengenai hal tersebut. Mulai dari penyebabnya, tidak tahu mengapa tiba-tiba laptop menjadi lambat. Pun, cara mengatasi laptop lambat juga tidak tahu. Lalu, bagaimana yang harus kita lakukan? Apakah membawanya ke tukang servis yang tentunya memakan biaya tak murah? Sebenarnya cukup sederhana, coba simak tips-tipsnya berikut ini.

Gambar Laptop lemot
Gambar Laptop lemot

Cara Mengatasi Laptop yang Lambat/Lemot

  1. Virus Menyerang!
    Patutnya kita selalu memperhatikan, apakah perangkat laptop kita terkena hal-hal perusak atau tidak. Semisal virus yang mendadak menghinggap pada laptop seusai mengunduh file dari situs tidak resmi. Hal ini harus Anda tindaki, dengan cara membersihkan virus-virus tersebut melalui scanning pada aplikasi antivirus yang tersedia.
  2. Antivirus Terlalu Banyak
    Menyikapi masalah pertama di atas, tentu tidaklah dengan cara memperbanyak antivirus di perangkat kita. Justru, memiliki antivirus dalam jumlah yang banyak akan merugikan. Sebaiknya Anda memilih satu aplikasi antivirus terpercaya dan diupayakan untuk yang premium. Tentu keamanan akan lebih mudah didapat.
  3. Laptop Panas
    Apabila Anda mengoperasikan laptop dalam jangka waktu yang lama, tentu yang akan terjadi adalah panas seketika pada bagian bawah bodi. Hal ini tidak kita duga bahwa akan berdampak pada kinerja prosesor. Terkadang, operasi laptop akan terasa lambat. Solusinya, berhetilah sejenak mengoperasikan laptop Anda, kurang lebih selama 12 jam agar keadaan perangkat laptop kembali seperti semula.
  4. Kapasitas Memori Kecil
    Tanpa kita sadari pula, ternyata kapasitas memori pada suatu perangkat dapat mempengaruhi kinerja secara keseluruhan. Kita ambil satu contoh, apabila laptop memiliki spesifikasi RAM berukuran kecil, maka dapat dipastikan jika dipakai secara berlama-lama akan mengakibatkan kinerja laptop menurun. Dalam artian bahwa, laptop akan menjadi lambat ketika dioperasikan. Solusinya, Anda dapat menghapus file-file tidak penting dalam memori laptop Anda.

Mungkin dengan ini Anda dapat mengambil kesimpulan, apa yang sebenarnya penulis hendak sampaikan kepada Anda. Adalah penyebab dan cara mengatasi laptop lambat/lemot, yang kerapkali menjadi momok paling sering ditemukan dalam aktivitas harian di depan perangkat berlayar besar tersebut. Pada intinya, semoga Anda dapat memahami inti bacaan di atas, serta dapat mengaplikasikan dalam menelaah apa itu penyebab dan cara mengatasi laptop yang lambat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware, Tips dan Trik